alviya
Media Berbagi Informasi

Fitur Google Docs yang Berguna Tapi Jarang Diketahui

Bagi banyak orang, Docs adalah alat yang familiar. Tetapi, seperti program lain, kami sering menggunakan sekumpulan fungsi dasar, karena tidak ada waktu untuk memahami alat secara mendalam.

Pada ini, kami telah mengumpulkan fitur-fitur Google Docs yang berguna yang mungkin belum Anda ketahui. Fitur fitur ini dapat membantu Anda menghemat waktu dan membuat pekerjaan Anda lebih produktif.


Fitur Google Docs sangat Berguna yang jarang diketahui

Fitur Kolaborasi Google Dokumen

Iklan

Dengan fitur kolaborasi di Google Docs, akan lebih mudah untuk berbagi dokumen dengan orang lain, untuk memberikan tingkat akses yang berbeda: melihat, berkomentar, mengedit. Selain itu, Anda dapat menggunakan beberapa fitur layanan lainnya.

✓ Undang orang tertentu untuk mengomentari dokumen tersebut

Terkadang Anda perlu memberikan komentar kepada orang tertentu: pengembang, copywriter, editor. Untuk melakukan ini, mulailah mengetik “@” di komentar. Daftar kontak yang paling sering Anda tangani di Google Docs akan ditarik. Pilih alamat dari daftar atau masukkan yang lain:

Dengan fitur ini anda dapat mengundang orang-orang tertentu untuk mengomentari dokumen.

✓ Kirim link ke dokumen melalui email langsung dari Google Docs

Anda dapat mengirim dokumen ke rekan langsung dari menu. Pilih File > Kolaborator Email. Edit subjek, pesan, pilih penerima di jendela yang terbuka. Penerima akan menerima surat dengan tautan ke dokumen dan komentar Anda:

Fitur ini memungkinkan anda mengirim pesan dengan tautan ke dokumen.

✓ Kirim salinan dokumen tanpa akses ke sumbernya

Fungsi ini berguna ketika, misalnya, Anda perlu mengirim dokumen untuk disetujui. Buka File> Email. Di jendela yang terbuka, pilih jenis file (, Word, HTML, RTF, TXT, ODT), penerima, tulis teks pesan:

Adanya fitur ini dapat membantu anda mengirim pesan dengan link ke salinan dokumen tanpa akses ke sumbernya.

✓ Publikasikan dokumen secara atau sematkan di halaman web

Fungsi ini berguna saat Anda perlu mempublikasikan aturan, instruksi di domain publik atau menyematkan dokumen ke halaman di situs. Buka File> Terbitkan Online. Pilih opsi yang Anda inginkan – gunakan tautan atau kode semat untuk menerbitkan Google Doc di Web.

File dokumen yang diterbitkan di internet akan tampak seperti dokumen tanpa toolbar.

Fitur Pengeditan Google Docs yang Berguna

Jika Anda berkolaborasi dengan orang lain untuk mengedit dokumen teks, fitur berikut dapat membantu mempermudah pekerjaan Anda di Google Dokumen.

✓ Sarankan pengeditan

Mode “Merekomendasikan” diaktifkan ketika Anda perlu menyarankan koreksi tanpa mengubah teks asli dokumen. Penulis dapat menerima atau menolak editan:

✓ Lihat suntingan di dokumen dan pulihkan fragmen yang dihapus

Fitur yang sangat berguna di Google Docs adalah riwayat versi dokumen. Saat Anda membuka cerita, Anda dapat melihat semua perubahan yang dibuat oleh penulis dan mereka yang memiliki akses edit ke dokumen. Anda juga dapat memulihkan versi sebelumnya dari dokumen, membuat salinannya sebagai dokumen terpisah, atau menyalin sepotong teks dan menempelkannya ke versi baru:

✓ Temukan dan sisipkan tautan tanpa meninggalkan dokumen

Biasanya, tautan ditambahkan ke dokumen seperti ini: buka mesin telusur, telusuri situs yang diinginkan, salin alamat, kembali ke dokumen, dan tempel tautan. Fungsi petunjuk saat memasukkan tautan akan membantu membuatnya lebih cepat.

Fitur ini memungkinkan anda menelusuri dengan saat menempelkan tautan di Google Dokumen

Pilih sebuah kata dalam teks dan klik tombol “Sisipkan Tautan”. Kotak drop-down akan muncul dengan daftar link yang relevan. Biasanya, ini adalah tautan ke situs, artikel dari Wikipedia, dan beberapa tautan pertama dari penelusuran Google untuk kata tertentu. Jika link yang Anda inginkan tidak ada dalam saran, masukkan kata kunci dalam pencarian. Kemudian pilih tautan yang Anda inginkan dan klik di atasnya. Selesai!

✓ Gunakan kamus pribadi

Jika pemeriksa ejaan menyoroti kata sebagai kesalahan, tetapi Anda ingin mengejanya seperti itu, tambahkan kata tersebut ke kamus. Di masa mendatang, kata tersebut tidak akan disorot:

Fitur Google Dokumen

Selain mengunduh gambar dan foto dari komputer, fitur gambar Google Docs menawarkan opsi berikut untuk menambahkan gambar.

✓ Cari gambar dari Google di dalam Google Docs

Anda dapat membuka bilah pencarian gambar di Google langsung di dokumen dan menambahkan gambar yang ditemukan:

Pekerjaan anda akan lebih mudah saat cari gambar dari Google di dalam Google Docs.

✓ Ambil gambar dengan kamera atau

Anda dapat mengambil foto subjek dan memasukkan foto ke dalam dokumen. Untuk melakukan ini, buka Google Docs pada ponsel Anda dalam mode edit dan klik plus di menu atas:

Menambahkan gambar di dalam dokumen jadi lebih mudah saat harus menambahkan gambar dengan menggunakan fungsi “Ambil gambar”.

✓ Tambahkan gambar dengan menyeret dan melepaskan

Anda dapat menarik gambar tidak hanya dari komputer Anda, tetapi juga dari situs manapun:

✓ Edit gambar di dalam dokumen

Gambar yang disisipkan dapat diedit langsung di dokumen: memotong, mengubah warna, menyesuaikan transparansi, kecerahan, kontras. Untuk melakukan ini, pilih gambar dan pilih fungsi “Opsi Gambar” di panel atas. Alat pemangkasan gambar ada di sekitar:

Saat mencari gambar di Google dan mengerjakannya, ingatlah tentang hak cipta. Jika Anda akan menerbitkan dokumen dengan gambar di Internet, Anda perlu memilih gambar berlisensi di bawah Creative Commons. Apa artinya ini dan cara mencari gambar gratis di Google , akan kami tulis di salah satu artikel selanjutnya.

Buat gaya Anda sendiri di Google Dokumen untuk pemformatan teks

Google Docs menggunakan serangkaian gaya default. Misalnya, teks utama diketik dalam ukuran Arial 11 poin, subpos tingkat kedua – ukuran 16 poin. Google Docs memiliki fitur untuk membuat gaya anda sendiri. Anda dapat mengubah gaya pemformatan teks bawaan. Dan kemudian terapkan ke teks di seluruh dokumen:

Trik Google Docs untuk bekerja dengan dokumen besar

Google Docs menawarkan beberapa opsi untuk melihat dan mengedit dokumen besar dengan mudah.

✓ Sisipkan konten dokumen

Untuk bekerja dengan dokumen besar, misalnya, kebijakan editorial, instruksi, abstrak, ada fungsi yang nyaman untuk memasukkan konten. Google Docs membentuk isi dokumen berdasarkan tajuk, oleh karena itu, saat memformat dokumen, Anda perlu menggunakan markup dengan gaya – tajuk H1, H2, H3:

✓ Tunjukkan struktur dokumen

Dengan bantuan fungsi “Struktur Dokumen”, akan lebih mudah untuk melacak logika artikel, formulasi subpos. Dan juga dengan cepat beralih antar bagian dokumen. Pada layar kecil, struktur dapat ditutup:

✓ Tautan ke bagian atau fragmen dokumen

Jika dokumennya besar, akan lebih mudah untuk mengirim link ke bagian atau fragmen tertentu. Untuk melakukan ini, pertama-tama masukkan bookmark ke bagian dokumen yang diinginkan dengan memilih Sisipkan> Bookmark dari menu dan klik kata “link”. Indikasi link ditambahkan ke bilah alamat – bookmark. Salin seluruh tautan dari bilah alamat dan kirim ke penerima:

Konversikan dokumen Word dan OCR dari file PDF ke Google Docs

Beberapa format file dapat diunggah ke Google Docs: Word, PDF. Selain itu, file ini terbuka sebagai Google Dokumen, dan juga dapat diedit:

Jika anda mendownload file diatas aplikasi akan mengenali file PDF di Google Docs.

Fungsi di dalam dokumen

Dan terakhir, fungsi pencarian Google di dalam dokumen. Ini adalah trik berguna lainnya untuk bekerja dengan Google Docs: Anda dapat mencari informasi di Google tanpa meninggalkan dokumen. Jadi, misalnya, Anda dapat memperjelas arti istilah atau mencari sumber informasi untuk sebuah artikel:

Jika Anda menghargai waktu Anda dan mencari kesempatan untuk menjadi lebih produktif, cobalah fitur Google Docs yang berguna yang belum pernah Anda gunakan sebelumnya. 

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More