Guide for a WordPress beginner who wants to become a Pro! Learn More

GRIT Kekuatan Semangat dan Ketekunan

GRIT akan menjadi pondasi atau pilar utama untuk meraih kesuksesan dalam kehidupan.

Grit dimaknai sebagai ketekunan/kegigihan untuk terus-menerus berjuang mewujudkan impian, ditengah gelombang tantangan dan masalah. Terus memiliki motivasi dan daya juang untuk merealisasikan impian dan tujuan hidup yang dicita-citakan.

Grit adalah mereka yang tidak mudah menyerah. Terus berjalan maju setapak demi setapak di tengah badai kehidupannya. Grit bukan pula mereka yang malas bergerak, berjalan tanpa arah yang jelas, atau mereka yang berjuang lalu mandeg di tengah jalan. Bukan pula mereka yang hanya bisa membaca dan menonton tetapi tidak melakukan action apa pun.

Menurut Profesor Angela Duckworth ada empat elemen penting yang harus diperhatikan agar Grit yang ada dalam diri kita bisa terjaga dan terawat dengan baik,

Pertama adalah PASSION

Anda tak akan mungkin mampu bertahan dan berjuang menghadapi problem yang begitu dahsyat, jika Anda tak mencintai apa yang Anda kerjakan. Jika Anda tak punya cinta murni akan apa yang Anda impikan.

Agar Anda mampu memiliki daya juang dan kegigihan dalam jangka panjang ditengah badai kehidupan yang silih berganti maka Anda harus punya minat mendalam, atau passion terhadap bidang yang Anda tekuni.

Tanpa passion, tanpa kecintaan mendalam terhadap apa yang Anda tekuni dan kerjakan sekarang ini akan mudah bagi Anda untuk merasa lelah dan kemudian menyerah begitu saja.

Kedua adalah PRAKTEK YANG MENANTANG

Maksudnya Anda melakukan praktek-praktek kerja yang menantang. Yang tidak mudah Anda kerjakan namun Anda berani mengerjakannya step by step secara konsisten untuk menumbuhkan skills dan kemampuan Anda.

Misalnya Anda mencintai dunia investasi bisnis dan ingin menjadi investor yang sukses dan berhasil memperoleh profit konsisten dalam jangka panjang.

Maka Anda melakukan Praktek Yang Menantang dengan menyediakan waktu dan pikiran Anda terlebih dahulu untuk mempelajari dan mengenak seluk beluk “Dunia Bisnis dan Investasi” sebelum Anda benar-benar mengambil keputusan untuk berinvestasi. Anda akan menghabiskan waktu berjam-jam, berhari-hari bahkan lebih untuk mempelajari banyak hal tentang hal tersebut.

Ketiga adalah SENSE of PURPOSE

Jikalau Anda mempunyai sense of purpose (tujuan mulia) dibalik semua kegiatan atau karya-karya yang Anda tekuni dan cintai tadi, Anda tentu akan memiliki Grit yang baik.

Anda akan memiliki kemampuan lebih untuk melakukan Praktek yang Menantang. Anda akan lebih mampu bertahan dalam perjuangan yang seringkali terasa panjang dan melelahkan.

Sense of Purpose adalah tujuan mulia, misalnya; “Saya ingin agar hasil harya saya bisa membantu dan bermanfaat bagi banyak orang.”

Keempat adalah HOPE

Hope atau harapan menjadi faktor krusial dalam menjaga Grit yang kita miliki. Seringkali orang kehilangan semangat, kehilangan kekuatan, dan putus asa ketika mengalami kegagalan. Dan akhirnya orang harus kehilangan harapan.

Saran saya untuk mengatasi hal ini adalah; mulailah dengan melakukan hal-hal kecil di dalam Praktek yang Menantang tadi. Tentukan Small Goal atau tujuan yang mudah untuk dicapai. Ketika kamu merasakan keberhasilan dalam mengerjakan hal-hal kecil, semangat dan motivasimu akan semakin bertumbuh dan membesar hingga pada akhirnya kamu akan mampu mengerjakan hal yang lebih besar lagi.

Itulah empat elemen penting yang sangat dibutuhkan dalam membangun Winning Mentality atau Grit agar kamu dapat mencapai kesuksesan dalam meraih impian.

Semoga Bermanfaat dan Salam.

Jangan lupa baca juga:

Share on:
Avatar for AlviyatuN

Hai, saya Alviyatun  Orang di belakang alviya.com. Blogger dengan pengalaman 4+ tahun mengurus domain ini. Temukan saya di Medium. Mari kita bicara tentang pemasaran, bisnis, dan keramaian di Twitter . (Dan oh, jika Anda berada di LinkedIn, mari terhubung !)

    KLIK
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.alviya.com. Terima kasih.

Tinggalkan komentar