Hindari Kerugian, Ini Tips Beli Pallet Plastik Bekas

Pallet plastik seringkali hadir sebagai solusi berbagai permasalahan logistik. dikenal awet dan tahan lama membuat pallet jenis ini diperhitungkan keberadaannya.

Sayangnya, meski cukup dibutuhkan diberbagai kesempatan, palet ini juga memiliki kelemahan. Salah satu kelemahannya adalah masalah harga belinya yang cukup mahal.

Baca juga: 4 kesalahan yang sering dilakukan pengusaha pemula.

Namun, itu semua tentu bukan masalah besar, karena ada satu solusi untuk mengatasi hal ini yang bisa anda coba yakni dengan cara membeli pallet bekas.

Pada dasarnya pallet plastik memang dirancang agar bisa digunakan berkali-kali. sehingga membeli pallet plastik bekas bukan sesuatu hal yang buruk. 

Nah, buat anda yang tertarik untuk membeli pallet plastik bekas, ada baiknya memperhatikan beberapa hal ini sebagai pertimbangan agar tidak menyesal.

1. Bahan

Saat ini ada banyak sekali jenis bahan yang digunakan pada pallet plastik, dimana setiap bahan tentu juga memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing termasuk juga soal harganya.

Oleh karena itu, ada baiknya sebelum asal membeli, anda ketahui dulu kebutuhan anda akan pallet untuk apa. Cari tahu bahan apa aja yang nantinya akan anda gunakan.

Sebagai contoh, untuk penggunaan bahan kimia kelas B3 atau kelas dimana bahannya berbahaya dan beracun. Pastikan anda memilih pallet bekas dengan bahan dasar HDPE.

Pallet plastik HDPE memang dikenal karena kekuatannya dan biasa masuk dalam kategori medium duty atau untuk kelas menengah. Selain itu pallet ini juga dikenal di kalangan pharmaceutical.

2. Kapasitas

Setelah menganalisa bahan pembuatnya, langkah selanjutnya yang harus anda pikirkan adalah mengenai kapasitas yang bisa dihandle oleh pallet tersebut.

Seperti yang disinggung sebelumnya, pallet memang memiliki beberapa kategori seperti misalnya medium duty atau heavy duty. hal ini ditentukan dengan mengukur berat beban yang bisa ditahan oleh pallet nantinya.

3. Ukuran Pallet

Selain kapasitas pallet, ukuran pallet juga sangat perlu untuk diperhatikan. Mengingat di pasaran ada banyak sekali ukuran pallet yang tersedia.

Meski terkesan sama saja karena perbedaan ukuran tiap pallet selisih sedikit, namun ini tetap harus dijadikan sebuah pertimbangan dalam memilih pallet.

Terlebih bagi anda yang berencana untuk menggunakan pallet sebagai sarana export import. mengingat beberapa negara memiliki standar yang berbeda untuk ukuran pallet yang digunakan.

4. Kondisi Pallet

Seperti yang kita tahu, membeli barang bekas tentu susah untuk mengharapkan mendapat barang dengan kondisi terbaik. Oleh karena itu, sebagai pembeli selalu perhatikan kondisi pallet yang hendak anda beli.

Pilih pallet dengan kondisi yang masih baik dan layak mengingat tentu anda membeli dengan harapan bisa bertahan lama. tak ada salahnya juga untuk menanyakan riwayat penggunaan sebelumnya.

5. Umur Pallet

Ini merupakan hal yang seringkali terlewat saat seseorang memutuskan untuk membeli pallet bekas. Selalu perhatikan tanggal produksi pallet, pada dasarnya pabrik sudah memberikan tanggal produksi di setiap pallet. Hal ini berguna untuk mengetahui umur dari pallet tersebut.

6. Pilih Merk yang Terpercaya

Jika memungkinkan, pilih pallet bekas yang memiliki merek tertentu. seperti misalnya merk intracopallet.co.id hal ini bertujuan agar anda bisa mencari informasi detail terkait pallet tersebut di resmi mereka.

Memilih pallet bermerk juga akan memberikan jaminan lebih terhadap kualitas produknya dibanding membeli pallet polos tidak bermerek. Mengingat kadang ada juga pallet rekondisi yang dijual ulang di pasaran.

Terkadang ada pallet yang memang jarang digunakan dan kondisinya masih bagus. Namun, perlu diingat kode produksi pallet juga berguna untuk mengetahui batas pakai yang dianjurkan sesuai dengan hasil ujicoba pabrik. Karena sejarang apapun digunakan, kekuatan pallet tentu akan menurun seiring berjalannya waktu.

Meski terlihat cukup merepotkan, namun dengan melakukan 5 hal diatas, setidaknya anda bisa meminimalisir kemungkinan mendapat pallet yang sudah tidak layak sehingga menghindarkan anda dari kerugian.

Baca juga: Kesan pertama pada kemasan makanan sangat penting!.

Share on:
Avatar for AlviyatuN

Hai, saya Alviyatun  Orang di belakang alviya.com. Blogger dengan pengalaman 4+ tahun mengurus domain ini. Temukan saya di Medium. Mari kita bicara tentang pemasaran, bisnis, dan keramaian di Twitter . (Dan oh, jika Anda berada di LinkedIn, mari terhubung !)

    KLIK
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.alviya.com. Terima kasih.

Tinggalkan komentar