Ingin Mendaki Gunung Semeru? Jangan Lewatkan Spot-Spot Ini

Ingin Mendaki Gunung Semeru? Jangan Lewatkan Spot-Spot Ini

5/5 (1)

Salah satu aktivitas yang menjadi primadona di kalangan anak muda saat ini adalah mendaki gunung. Kegiatan outdoor ini biasanya dilakukan berkelompok dengan tujan berlibur atau melakukan tugas dari lembaga pecinta alam. Selain harus membutuhkan biaya yang tinggi, kekuatan fisik dari calon pendaki menjadi sebuah kebutuhan yang wajib untuk dipersiapkan.Pendaki gunung semeru

Diantara beberapa deretan gunung yang menjadi tujuan utama para pendaki, Gunung Semeru ternyata masih menjadi peringkat teratas tempat yang wajib dikunjungi untuk didaki. Selain memiliki puncak tertinggi di Pulau Jawa (Puncak Mahameru), tempat ini juga menawarkan berbagai keindahan yang tersebar di spot-spot view. Ingin tahu mana aja spot di Gunung Semeru yang wajib Anda singgahi? berikut kami berikan untuk Anda.

Ranu Pane

Spot petama yang bisa ditemui ketika baru masuk dalam kawasan Gunung Semeru ini adalah Ranu Pane. Ranupane sendiri merupakan sebuah danau yang menjadi landmark dari Desa Ranu Pane (Termasuk perbatasan Lumajang – Malang). Jika beruntung, Anda dapat melihat air yang bening di danau, sehingga terlihat seperti danau-danau yang ada di Jepang loh gaes.

Ranu Regulo

Ranu Regulo adalah sebuah tempat berbentuk danau yang jaraknya tidak jauh dari Ranu Pane. Hanya memakan waktu lima belas menit perjalanan kaki. Nah jika Anda tidak memiliki rencana untuk tracking ke Gunung Semeru namun masih tetap merasakan seperti di dalamnya, spot ini dapat menjadi opsi terbaik. Pada dasarnya track untuk menuju ke Ranu Regulo ini tidak termasuk jalur pendakian Gunung Semeru yang resmi. Karena ketika Anda ingin menuju pos pendakian, maka jalur yang ditempuh menuju ke arah barat. Sedangkan untuk ke Ranu Regulo menuju arah timur. Ranu Regulo menawarkan kesunyian di dalam hutan dengan pemandangan yang pastinya bagus.Untuk dapat berkunjung ke tempat ini, tak perlu khawatir. Anda cukup membayar parkir saja kok di pos parkir Gunung Semeru. Sisanya gratis!

Ranu Kumbolo

Bila ditanya, tempat mana yang ingin para pendaki kunjungi ketika memiliki kesempatan ke Gunung Semeru? Rata-rata menjawab Ranu Kumbolo menjadi destinasi favorit yang wajin untuk disinggahi. Di kalangan pendaki maupun orang asli tengger sendiri, Ranu Kumbolo sudah dianggap sebagai “Surganya Gunung Semeru”. Hal ini tidak terlepas dari faktor eksotika dan fungsinya sebagai penyedia air di tengah-tengah jalur pendakian. Salah satu yang ditunggu – tungu para pendaki yakni momen sunrise di pagi hari. Karena matahari akan muncul di kedua bukit di depan danau dengan pemandangan eksotisme yang luar biasa bagus. Keindahan panaroma tersebut hanya bisa ditemui jika sedang berada di Ranu Kumbolo. Selain itu, Ranu ini juga difungsikan sebagai penyedia cadangan air selama proses pendakian. Hal ini dikarenakan letaknya yang memang berada di tengah-tengah jalur estafet pendakian. Sehingga biasanya para pendaki memilih beristirahat di Kumbolo sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak.

Oro – Oro Ombo

Oro – oro Ombo merupakan spot selanjutnya setelah Anda berpuas melihat keindahan Ranu Kumbolo. Tempat ini berlokasi di balik Ranu Kumbolo, atau dengan artian setelah pendaki naik satu bukit setelah Kumbolo. Spot ini merupakan sebuah dataran seperti padang savana yang memiliki keindahan dari bunga-bunga yang ada di dalamnya. Biasanya spot ini pula yang dijadikan oleh calon pengantin baru untuk melakukan sesi foto prewed.

Demikian beberapa spot-spot atau tempat yang harus Anda singgahi ketika sedang berada di Gunung Semeru. Tertarik?

Beri Rating

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.