Ini Tanda Keuangan Sehat yang Aman Buat Ambil Cicilan atau Pinjaman Uang

Butuh pinjaman uang dalam jumlah besar? Nah, sebelum dipikirkan mau apply pinjaman ke mana, ke bank atau fintech dengan limit kredit puluhan juta seperti Kredivo, yang utama perlu dicek adalah apakah kondisi keuanganmu sehat untuk menanggung beban utang tersebut.

Kondisi keuangan yang sehat singkatnya adalah kondisi di mana arus cashflow kamu lebih besar pemasukan dibanding pengeluaran. Selain itu, kamu juga tidak punya pinjaman besar lainnya yang sedang berjalan saat ini. Atau, kalaupun sudah ada pinjaman lain, totalnya belum melebihi 30% total penghasilanmu.

Idealnya, pengaturan keuangan berlandaskan pada formula 50-30-20. 50% untuk kebutuhan primer seperti sewa rumah, listrik, uang makan, transport, 30% untuk kebutuhan hiburan dan cicilan, dan 20% untuk kebutuhan tabungan, asuransi dan investasi. Jika penghasilanmu sebulan Rp 5 juta, maka alokasi dana yang boleh ditujukan untuk bayar cicilan maksimal adalah Rp 1,5 juta. Lebih dari itu maka kondisi keuanganmu bisa dikatakan memasuki masa kritis.

pinjaman uang online terpercaya, pinjaman uang yang bisa dicicil, pinjaman uang bayar bulanan, pinjaman online terbaik, pinjaman uang cicilan per bulan, pinjaman dana jaminan ktp, pinjaman koperasi tanpa jaminan, pinjaman bulanan online langsung cair
human hand gives money bag to another person payment banking poster vector illustration

Mengapa ambil pinjaman uang perlu dibarengi dengan kondisi keuangan yang sehat?

Sebab, ketika kondisi keuanganmu tidak sehat, ini akan terdeteksi oleh pihak analis dari lembaga keuangan tempat kamu apply pinjaman. Mulai dari BI checking histori kredit hingga histori rekening. Pihak lembaga keuangan tidak mungkin begitu saja mau mencairkan pinjaman besar tanpa menimbang-nimbang tinggi rendahnya risiko kredit macet. Terutama kalau utang yang kamu punya di tempat lain sudah lebih dari 30% total penghasilan, pengajuan pinjamanmu berpotensi besar ditolak atau paling tidak hanya bisa mendapat limit pinjaman yang sedikit.

Artikel Terkait:  11 Pinjaman Online 24 Jam Langsung Cair Terpercaya 2019

Alasan yang kedua adalah perihal beban finansial. Katakanlah kamu beruntung bisa mendapat pinjaman dalam jumlah besar meski kondisi keuangan tidak sehat. Tapi, per bulan depan, beban pinjaman dan total angsuran yang kamu bayar jadi bertambah banyak. Terutama jika pinjaman tersebut digunakan untuk kebutuhan konsumtif seperti pernikahan, membangun rumah, beli ini dan itu, bukan untuk kebutuhan produktif seperti berbisnis. Kalau kondisinya begini maka bukan tidak mungkin, kebutuhanmu yang lain jadi tersendat karena dananya dialokasikan untuk cicilan.

Ke mana bisa apply pinjaman yang prosesnya cepat dan limitnya besar?

Pinjam uang dengan limit besar memang identik dengan prosesnya yang lama karena melibatkan berbagai berkas, proses survei, atau bahkan jaminan harta benda, terutama kalau pinjamnya ke bank dan lembaga keuangan sejenis. Tapi di jaman sekarang, pinjaman uang jadi lebih mudah dengan adanya fintech.

Beberapa fintech juga ada yang bisa memberikan limit pinjaman uang hingga puluhan juta. Seperti Kredivo yang maksimal limit kreditnya bisa mencapai hingga Rp 30 juta. Tanpa proses survei lapangan, tanpa jaminan, dan tanpa proses yang berbelit-belit. Cukup daftar secara online dan tunggu proses approval dalam waktu 1 x 24 jam. Limit kredit dari Kredivo sifatnya nontunai, jadi ketika butuh pinjaman, kamu hanya tinggal mencairkan limit tersebut lewat fitur pinjaman mini atau pinjaman jumbo lewat aplikasi Kredivo.

Artikel Terkait:  11 Pinjaman Online 24 Jam Langsung Cair Terpercaya 2019

Persyaratan untuk bisa daftar akun Kredivo cukup mudah: kamu wajib berusia minimal 18 tahun, punya penghasilan per bulan minimal Rp 3 juta, dan berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi.

Untuk mendaftar, kamu juga memerlukan KTP, akun internet banking sebagai bukti penghasilan, dan akun e-commerce dengan histori transaksi sebagai bukti domisili. Setelah itu, download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store dan klik “Apply for Kredivo”. Jika tujuannya untuk pinjaman uang, pastikan kamu mendaftar untuk opsi Akun Premium. Dengan menjadi Akun Premium, kamu bisa menikmati semua fasilitas kredit yang ada di Kredivo, termasuk fitur pinjaman. Selain itu limitnya juga lebih besar.

Ikuti instruksi pendaftaran yang tersedia di aplikasi mulai dari upload foto KTP, isi form data diri, foto selfie, hubungkan akun internet banking dan e-commerce, dan submit pendaftaran. Dalam waktu kurang dari 1 x 24 jam, kamu akan mendapat notifikasi apakah pendaftaranmu diapproved atau ditolak oleh Kredivo.

Artikel Terkait:  11 Pinjaman Online 24 Jam Langsung Cair Terpercaya 2019

Jika diapproved dan sudah dapat limit kredit, maka kamu bisa langsung menggunakan limit tersebut sesuai kebutuhan. Untuk kebutuhan pinjaman, pada bagian dasbor aplikasi kamu bisa pilih pinjaman mini atau pinjaman jumbo. Proses pencairannya maksimal hanya memakan waktu 1 hari kerja apabila pengajuan pinjaman disetujui. Untuk pinjaman mini, kamu bisa pinjam minimal Rp 500 ribu dengan tenor pengembalian maksimal 30 hari. Sementara untuk pinjaman jumbo, kamu bisa pinjam minimal Rp 1 juta dengan pilihan tenor pengembalian 3 bulan atau 6 bulan.

Besaran pinjaman maksimal yang bisa kamu ajukan untuk pinjaman jumbo tergantung pada ketersediaan limit kreditmu untuk tenor 6 bulan. Kalau ada Rp 10 juta, maka maksimal kamu bisa pinjam sampai Rp 10 juta. Jangan khawatir, suku bunga pinjaman Kredivo dijamin paling rendah dibanding fintech lain, hanya 2,95% untuk pinjaman tunai ataupun cicilan barang s.d 12 bulan.

Untuk kebutuhan lain seperti belanja cicilan, kamu bisa langsung bertransaksi di merchant-merchant yang sudah jadi mitra Kredivo seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Lazada, JD.id, Tiket.com, dan masih banyak lagi yang lainnya. Hanya dengan minimal pembelanjaan Rp 1 juta dan berlaku untuk akumulasi beberapa barang sekaligus, kamu sudah bisa pilih tenor cicilan s.d 12 bulan, suku bunga 2,95%, dan tanpa uang muka.

Udah nggak jaman pinjam uang dengan proses yang kelamaan, yuk pakai Kredivo!

Close Menu