Ketahui Trimester Kehamilan Untuk Para Bunda

Ketahui Trimester Kehamilan Untuk Para Bunda

Trimester Kehamilan 1 2 3 – Kehamilan tentunya merupakan anugerah yang sangat luar biasa, anugerah ini diberikan tuhan untuk para pasutri atau suami istri. Proses kehamilan pada umumnya berlangsung selama kurang lebih 40 minggu dan dibagi menjadi 3 tahap trimester kehamilan. Sesuai dengan namanya, trimester tersebut terjadi tiap 3 bulan, hal tersebut dikarenakan tubuh sang bunda mengalami suatu perubahan tertentu tiap 3 bulan.(trimester kehamilan), pregnant-woman

Untuk mengetahui lebih jelas apa itu yang dimaksud trimester 1, trimester 2 dan juga trimester 3 proses kehamilan, simak ulasan di bawah ini. Pada umumnya tahapan trimester proses kehamilan dibagi sesuai usia kandungan yaitu sebagai berikut :

  1. Tahapan Trimester 1 / Pertama = Usia kandungan dari umur 0 sampai 12 Minggu
  2. Tahapan Trimester 2 / Kedua = Usia kandungan dari umur 13 sampai 28 Minggu
  3. Tahapan Trimester 3 / Ketiga = Usia kandungan dari umur 29 sampai 40 Minggu

Trimester Pertama ( 0 sampai 3 bulan )

Proses kehamilan pada tahap trimester proses kehamilan bayi ini dimulai proses fertilisasi padadari dua sel kelamin, lalu kemudian bertemu di bagian tuba falopi serta bersatu menjadi yang namanya sel zigot. Selanjutnya sel zigot tersebut bergerak menuju bagian Uterus untuk proses implantasi di dinding endometrium. Setelah itu pada tahap trimester proses kehamilan bayi ini, zigot tersebut melakukan pembelahan serta berkembang menjadi yang namnya embrio atau bakal janin lalu akhirnya bisa berhasil menjadi janin. Pada awal tahapan trimester proses kehamilan bayi ini, maka biasanya sering tak disadari bahwa si calon ibu sedang hamil. Hal tersebut dikarenakan pada tahap ini belum terjadinya perubahan apapun bentuk tubuh si calon ibu.

Baca Juga:  Wajah Kusam dan Jerawatan? Yuk Kenali Perawatan Rutin Andalan Berikut Ini

Ukuran embrio juga masih sangat kecil yaitu seukuran biji beras. Ibu biasnya baru menyadari kalau dia hamil dua atau tiga bulan lamanya. Hal tersebut dikarenakan tidak kunjung haid, tetapi calon janin atau embrio semakin berkembang serta pada usia hamil 3 bulan, jantung sudah terbentuk, serta diikuti organ vital lain. Lalu organ bayi tersebut terbentuk lebih sempurna di bulan 4 dan juga sudah ditiupkan roh dari Tuhan kepada janin tersebut. Hal tesrebut membuat bulan keempat ini dijadikan momen hajatan bagi banyak orang sebagai rasa syukur dan terimakasih atas proses kehamilan yang saat itu sedang berlangsung.

Trimester Kedua ( 3 sampai 6 bulan )

Untuk tahap trimester proses kehamilan bayi ini, bentuk tubuh si ibu semakin telihat perubahannya secara signifikan. Beberapa bentuk ketidaknyamanan juga bermunculan, seperti merasakan mual, mudah kelelahan, gatal di area perut, nyeri pinggang dan lain-lain. Janin juga sudah memberi respon gerakan yang aktif saat tahap trimester proses kehamilan bayi satu ini.

Baca Juga:  5 Manfaat Lari untuk Kesehatan Tubuh

Trimester Ketiga ( 7 sampai 9 bulan )

Untuk tahapan trimester proses kehamilan bayi yang ketiga ini, akan muncul bentuk ketidaknyamanan yang semakin terasa, dan cukup mengganggu sang ibu. Ketidaknyamanan tersebut mulai dari mulai merasa sakit dada, susah tidur, sesak nafas, hal tersebut dikarenakan tubuh janin tersebut semakin membesar sehingga dapat menekan sebagian bagian organ vital si ibu. Selain itu, tahapan trimester proses kehamilan bayi ketiga tersebut biasanya ibu merasakan kecemasan juga yang cukup luar biasa dikarenakan beberapa waktu lagi melangsungkan persalinan.

Sekian saja artikel yang membahas mengenai tiga tahapan trimester proses kehamilan bayi ini, semoga bermanfaat. Nah, jika sobat bunda yang saat ini sedang mengandung baby tapi belum tahu berapa usia kandungan sikecil jangan lupa baca juga artikel Inilah beberapa aplikasi kalkulator kehamilan yang sangat mudah digunakan.

AlviyatuN

Hanya orang biasa yang ingin berusaha menjadi lebih baik

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.