3 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh

0

Manfaat Daun Sirsak untuk kesehatan tubuh – Sirsak adalah suatu tanaman berbuah yang berasal dari Karibia, Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Tanaman ini banyak kita jumpai di daerah tropis misalnya saja di Indonesia. Di dalam sirsak terkandung banyak senyawa aktif diantaranya kalsium, fosfor, karbohidrat, vitamin A, B dan C, fitosterol, flavonid, tannin, alkaloid, saponin, dan kalsium oksalat. Rasa buah ini manis dan agak asam,warna kulitnya hijau dan dagingnya berwarna putih dengan struktur daging yang lembut. Selain rasanya yang enak ternyata sirsak juga memiliki banyak manfaat.

Ternyata tidak hanya buahnya saja yang memiliki banyak khasiat, namun daun sirsak juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit. lalu apa saja penyakit yang dapat di obat dengan daun sirsak ini, untuk lebih jelasnya mari perhatikan ulasannya berikut ini mengenai Manfaat Daun Sirsak untuk kesehatan tubuh.

Artikel Terkait:  Sering Malas Cuci Muka Saat Ingin Tidur Di Malam Hari? Ketahui Efek Berbahaya Akibat Malas Mencuci Muka Berikut Ini
manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh yang mungkin belum banyak diketahui
manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh yang mungkin belum banyak diketahui

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh Yang Mungkin Belum Banyak Diketahui

Dapat mengurangi gejala peradangan

Daun sirsak bisa mengurangi peradangan. Peradangan adalah rusaknya system imun yang terjadi didalam tubuh dimana sel darah putih justru menyerang sel normal yang ada didalam tubuh karena didalam sirsak terkandung senyawa anti inflammatory yang dapat meredakan gejala peradangan. Meminum rebusan daun sirsak juga dapat mengurangi gejala peradangan dan nyeri pada persendian yang biasa terjadi pada orang dewasa.

Baca juga: Manfaat Bengkoang Untuk Kecantikan Wajah

Mencegah dan mengobati kanker

Salah satu manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh yang tak terduga adalah dapat mencegah dan mengobati kanker. Daun sirsak mengandung senyawa annonaceous acetogenins. Senyawa tersebut hanya ditemukan pada keluarga tanaman annonaceae. Senyawa tersebut merupakan senyawa fitokimia yang memeiliki aktifitas anti kanker. Sel annonaceous acetogenins bekerja dalam tubuh dan dapat membunuh sel – sel  kanker, senyawa tersebut juga memicu apoptosis yang dikenal dengan mekanisne bunuh diri sel.Tidak hanya mencegah dan mengobati kanker, ternyata fungsi lain dari daun sirsak juga dapat membunuh tumor secara efektif dan dapat menghambat pasokan nutrisi dan energy yang dibutuhkan oleh sel tumor.

Artikel Terkait:  Ketahui Trimester Kehamilan Untuk Para Bunda

Meredakan demam

Daun sirsak mengandung senyawa aktif yang dapat meredakan demam dan melawan infeksi yang terjadi di dalam tubuh. Demam adalah suatu indikator bahwa terjadi masalah didalam tubuh. Saat sedang demam tubuh akan mengeluarkan sinyal dan merangsang ke otak untuk meningkatkan suhu tubuh. Peningkatan suhu tersebut bermaksud untuk melawan virus yang ada didalam tubuh. Meskipun demikian, demam dapat mengganggu aktifitas kita. Demam harus ditangi dengan cepat.Rebuslah daun sirsak dengan air hangat dan biarkan selama 10 menit. Kemudian minum air selagi masih dalam keadaan hangat. Itu dapat membantu anda dalam meredakan demam.

Sekian ulasan singkat tentang 3 manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh yang mungkin belum banyak diketahui oleh kita semua. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca juga artikel 3 manfaat bengkoang untuk kecantikan. Jangan lupa share ya….!!

DISKLAIMER

Kami tidak menjamin informasi yang disajikan blog alviyatun 100% akurat dan kami tidak bertanggung jawab dengan informasi/data yang disajikan melalui dari dari blog ini ke link lain meski sudah berusaha untuk menyempurnakan data serinci mungkin.

www.alviya.com
You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More