Guide for a WordPress beginner who wants to become a Pro! Learn More

14 Manfaat Lidah Buaya bagi Kesehatan, Untuk Kecantikan dan Rambut

Manfaat lidah buaya – Lidah buaya atau biasa disebut aloe vera adalah tanaman yang memiliki duri di setiap sisinya. Lidah buaya sendiri berasal dari daerah yang kering yang ada di benua afrika. Tetapi, kini di Indonesia juga banyak di temui tanaman ini. Biasanya buah ini digunakan untuk tanaman hias maupun dibudidayakan untuk dijadikan konsumsi.

Aloe vera ini bisa diolah menjadi camilan ataupun dikonsumsi secara langsung. Olahan yang dibuat dari lidah buaya biasanya berupa kerupuk lidah buaya, jus atau beraneka macam minuman lidah buaya, permen lidah buaya, puding liadah buaya, manisan lidah buaya, selai lidah buaya serta aneka olahan yang lainnya. Rasa olahan dari lidah buaya sangatlah khas dan nikmat. Dibalik rasanya yang nikmat lidah buaya memilki sejuta manfaat didalamnya.

Kandungan nutrisi yang ada pada lidah buaya sangat bermanfaat bagi kesahatan tubuh serta kecantikan. Oleh karena itu di daerah mesir orang menyebut buah ini dengan nama buah keabdian. Manfaat lidah buaya sangat terbukti khasiatnya sehingga banyak orang yang menggunakan lidah buaya sebagai tanaman yang dapat digunakan untuk kesehatan dan menyembuhkan penyakit. Berikut ini adalah uraian dari manfaat lidah buaya untuk kesehatan tubuh da kecantikan.

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan tubuh

Lidah buaya terbukti untuk menjaga kesehatan tubuh, selain itu lidah buaya juga bisa dijadikan obat yang sangat ampuh untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Berikut ini diantaranya.

1. Mampu untuk menjaga imunitas tubuh

Tubuh sangat rawan untuk terserang penyakit oleh karena itu kita diwajibkan untuk menjaganya. Lidah buaya memiliki kandungan antioksidan yang mampu untuk menjaga tubuh kita dari radikal bebas. Apabila kita terhindar dari radikal bebas maka tubuh tidak akan mudah terserang penyakit.

2. Sebagai alkalisasi tubuh

Lidah buaya adalah tanaman yang memliki sifat alkali. Dengan meminum secara rutin jus lidah buaya dapat membantu tubuh kita untuk menjaga keasamannya.

3. Mampu mengurangi berat badan

Hal ini perlu Anda ketahui khususnya bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan karena sudah banyak orang yang membuktikan manfaat lidah buaya untuk diet. Mengonsumsi lidah buaya secara alami dapat membantu untuk membersihkan dalam saluran pencernaan. Lidah buaya ini mengenyangkan dan mampu untuk melancarkan buang air besar.

4. Mampu mengeluarkan racun pada tubuh

Apabila kita tidak berhati hati dalam mengonsumsi makanan maka banyak racun yang akan mengendap dalam tubuh yang dibawa oleh makanan. Tapi anda jangan khawair bahwa lidah buaya dapat digunakan sebagai obatnya. Lidah buaya mengandung banyak vitamin dan mineral yang berfungsi sebagi zat penghilang racun dalam tubuh.

5. Sebagai sumber Asam Amino

Dalam tubuh kita membutuhkan sekitar 20 asam amino yang berbeda beda untuk menyusun protein. Maka apabila kita mengonsumsi jus lidah buaya maka asam amino akan tercukupi karena menyediakan 19 asam amino total dan 7 asam amino esensial.

6. Kesehatan kardiovaskular

Ekstrak lidah buaya dapat meningkatkan kemampuan difusi dalam darah. Dan nutrisi yang dimilki lidah buaya dapat mengatur tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

7. Mampu menyehatkan pencernaan

Pencernaan yang sehat perlu kita jaga, apabila pencernaan tidak sehat maka akan mudah terserang penyakit berbahaya. Dengan meminum jus lidah buaya secara rutin dapat membantu kinerja usus dan dapat mengatasi permasalahan perut seperti mulas dan lain sebagainya.

8. Mampu sebagai pencegah peradangan

Lidah buaya mengandung 12 zat yang mampu mengurangi dan mencegah peradangan. Selain itu lidah buaya juga dapat mengurangi resiko nyeri sendi, menghilangkan bengkak dan kaku pada otot.

9. Mampu membantu penderita diabetes

Diabetes adalah penyakit yang berbahaya. Hal ini dapat di cegah atau disembuhkan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya mampu membantu mengatur kadar gula dalam tubuh. Hal ini dikarenakan bahwa manfaat lidah buaya mengandung 3 senyawa yakni mannans, anthtaquinones, dan lektin.

10. Sebagai sumber vitamin dan mineral

Tubuh kita sangatlah membutuhkan vitamin dan mineral setiap hari. Hal ini dapat di penuhi dengan mengonsumsi jus lidah buaya secara rutin. Karena lidah buaya merupakan tanaman yang dapat dijadikan sebagai sumber vitamin dan mineral dan ini juga berarti bisa jadi bermanfaat untuk kulit.

Untuk penggunaan secara alami bisa baca artikel cara menggunakan lidah buaya.

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh ternyata lidah buaya juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Manfaat lidah buaya untuk kecantikan sudah terbukti karena lidah buaya banyak dijadikan sebagai bahan untuk produk kecantikan. Berikut ini sedikit ulasannya.

11. Mampu menghindari dari sengatan matahari

Lidah buaya mengandung gel, gel tersebut mampu menjaga kulit agar selalu lembab dan dapa menghindari dari pancaran sinar matahari yang merusak kulit.

12. Menghindari dari penuaan dini

Karena bertambahnya usia maka kulit akan cepat hilang dari elastisnya dan dapat memunculkan garis garis halus. Hal ini dapat dihindari dengan menggunakan lidah buaya sebagai masker karena mengandung beta karoten serta Vitamin C dan vitamin E.

13. Mampu menghaluskan kulit dan mencerahkannya

Apabila Anda ingin kulit yang halus dan cerah dapat memanfaatkan lidah buaya sebagai bahan yang efektif. Caranya mudah gunakan gell dari lidah buaya kemudian balurkan pada wajah seperti masker kemudian diamkan sampai benar benar mersap. Lalu basuh menggunakan air hingga bersih.

14. Manfaat lidah buaya untuk rambut

Selain bermanfaat untuk kesehatan dan kulit, lidah buaya juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Lidah buaya dapat menjadikan rambut menjadi sehat dan indah. Dengan memakai lidah buaya rambut akan menjadi lebih hitam dan lebat serta terhindar dari berbagi masalah rambut. Manfaat lidah buaya untuk rambut mudah dan tidak mengeluarkan banyak uang.

Lidah buaya merupakan tanaman yang terbukti sangat berkhasiat serta mampu untuk menjaga kesehatan. Selain untuk itu lidah buaya juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Demikian tadi adalah ulasan dari manfaat lidah buaya bagi kesehatan dan perawatan kecantikan. Semoga bisa bermanfaat dan menambah sedikit wawasan untuk Anda ya Teknosia.

Share on:
Avatar for AlviyatuN

Hai, saya Alviyatun  Orang di belakang alviya.com. Blogger dengan pengalaman 4+ tahun mengurus domain ini. Temukan saya di Medium. Mari kita bicara tentang pemasaran, bisnis, dan keramaian di Twitter . (Dan oh, jika Anda berada di LinkedIn, mari terhubung !)

    KLIK
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.alviya.com. Terima kasih.

Tinggalkan komentar