Mengenal Beberapa Alat-Alat Fitness

Mengenal Beberapa Alat-Alat Fitness

Sebelum Anda melakukan work out atau olahraga di tempat gym/ fitness, maka akan lebih baik jika Anda mengenali terlebih dahulu alat-alatnya. Memang biasanya pada tiap alat fitness tertera mengenai cara pemakaiannya, tetapi jika sama sekali tidak paham tentunya akan bahaya. Jika Anda tidak paham mengenai cara penggunaan berbagai alat fitness, maka bisa saja menyebabkan cedera. Berikut ini ada beberapa alat fitness yang sering digunakan dan tersedia di banyak tempat fitness.Alat Fitness

ABDUCTOR

Untuk alat fitness yang pertama yaitu Abductor dengan fungsi untuk mengecilkan bagian paha samping serta juga mengecilkan pinggul. Untuk jenis alat fitness ini sebenarnya hampir sama dengan alat fitness Adductor yang akan dijelaskan selanjutnya. Hal yang membedakan kedua alat fitness tersebut yaitu pada kontraksinya yang cenderung mengarah ke luar. Sedangkan untuk cara memakai alat fitness ini yaitu dengan menggerakkan paha Anda ke luar atau arah luar. Hembusan nafas biasanya berbarengan pergerakan paha tersebut. Setelah itu. Anda baru menggerakkan paha ke dalam sembari membuang nafas. Untuk hitungan pada alat fitness satu ini yaitu bisa dibilang bebas ingin berapa set. Untuk satu set dapat saja dihitung sekitar 10 hingga 12x gerakan.

Baca Juga:  Ketahui Trimester Kehamilan Untuk Para Bunda

ADDUCTOR

Selanjutnya ada alat fitness yang sudah disebut sebelumnya yaitu Adductor. Fungsi dari alat fitness satu ini yaitu untuk dapat melatih otot bagian paha dalam supaya bisa menghilangkan lemak yang tertumpuk di bagian paha. Sedangkan untuk cara pakai alat olahraga fitness ini yaitu dengan duduk lalu meletakkan kedua paha pada belakang bantalan. Ketika Anda menggerakan paha Anda ke dalam, maka tarik nafas lalu saat Anda menggerakkan paha Anda ke luar, maka hembuskan nafas. Untuk hitungan pada alat olahraga fitness ini biasanya buat para wanita akan lebih bagus jika kurang lebih 3 set saja. Untuk 1 setnya terdiri atas 12 gerakan. Tetapi jika Anda baru saja sekali mencoba alat olahraga fitness satu ini, maka tidak harus sampai 3 set. Hal yang penting yaitu gerakannya harus benar serta cara bernapasnya harus tepat juga saat menggunakan alat olahraga fitness ini.

Baca Juga:  Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

LEG CURL

Selanjutnya ada alat olahraga fitness yang berguna untuk melatih kaki, fungsi utama dari alat olahraga fitness ini yaitu melatih otot di bagian belakang. Sedangkan untuk cara pakai alat olahraga fitness satu ini yaitu dengan duduk lalu letakkanlah ujung kaki pada bagian belakang bantalan paling bawah. Lalu setelah itu gerakkan kaki Anda naik-turun serta tangan yang berada di bagian samping. Pada alat olahraga fitness ini, terdapat pegangan pada bagian samping yang dapat Anda genggam untuk mempermudah pemakaian alat olahraga fitness ini. Untuk gerakan kaki Anda tidak boleh terlalu terburu-buru. Anda harus merasakan dan pelan-pelan menggerakan kaki Anda saat memakai alat olahraga fitness satu ini. Hal tersebut bermanfaat agar kontraksi otot Anda akan lebih sempurna.

LEG EXTENSION

Untuk alat olahraga fitness satu ini juga untuk kaki yaitu dengan fungsi utama melatih bagian otot paha depan serta otot biceps. Efek dari pemakaian alat olahraga fitness ini yaitu dapat mengecilkan paha. Memang alat olahraga fitness satu ini hampir mirip dengan Leg Curl, tetapi bedanya terletak pada atas kaki. Untuk cara pakai alat olahraga fitness satu ini juga hampir sama gerakannya dengan alat Leg Curl, yaitu naik turun.

AlviyatuN

Hanya orang biasa yang ingin berusaha menjadi lebih baik

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.