Wajib di Ketahui, IniLah Beberapa Istilah Terkait Corona Virus (COVID-19)

Sejak wabah Virus Corona menyebar luas, banyak istilah terkait Corona Virus yang sering digunakan. Bagi yang belum tahu mengenai Virus Corona ini bisa baca artikel Coronavirus (COVID-19) yang harus kamu ketahui.

Bagi yang suka menonton berita di TV yang memberitakan kasus Coronavirus (COVID-19) mungkin diantaranya masih ada yang belum paham istilah-istilah terkait mengenai virus corona yang sering kita dengar, berikut ini sedikit penjelasannya.

1.

Lockdown adalah situsi dimana masyarakat atau warga suatu daerah atau wilayah seluruh warganya dilarang bepergian ataupun keluar meninggalkan rumah mereka. Dalam kasus COVID-19, situasi terkunci (Lockdown) masyarakat suatu daerah diharuskan untuk tetap di rumah masing-masing untuk mencegah terjadinya penularan Virus Corona.

2. ODP = Orang Dalam Pengawasan

Istilah ODP (Orang Dalam Pengawasan) yaitu seseorang yang diawasi karena ada dugaan bisa saja orang tersebut telah terinfeksi Virus Corona. Status ODP ditetapkan bagi orang-orng yang memiliki riwayat bepergian keluar negeri atau mengunjungi negara yang terkonfirmasi terdapat kasus Virus Corona.

3. PDP = Pasien Dalam Pengawasan

Istilah PDP (Pasien Dalam Pengawasan) adalah orang-orang yang sedang dalam kondisi sakit sedang dalam pengawasan dinas kesehatan namun belum positif terserang Virus Corona.

4. Suspect

Istilah suspect diberikan bagi siapa saja yang diduga atau dicurigai terkena atau terpapar (COVID-19) namun belum terbukti jika orang tersebut positif terkena Virus Corona.

5. Positif

Positif artinya seseorang yang telah terkonfirmasi atau terbukti terkena Virus Corona berdasarkan pemeriksaan medis oleh Dokter dari dinas kesehatan.

6. Social Distancing

Sosial Distancing artinya pembatasan sosial atau menjaga jarak adalah serangkaian tindakan pengendalian infeksi nonfarmasi yang bertujuan untuk menghentikan atau memperlambat penyebaran penyakit menular dalam hal ini Virus Corona. Dalam “konteks” Sosial Distancing adalah menjauhi tempat keramaian.

Contoh Sosial Distancing misalnya menghindari tempat keramaian atau kumpul-kumpul, bergerombol, rekreasi ke tempat wisata atau tempat-tempat berkumpulnya banyak orang. Sosial Distancing merupakan istilah terkait Corona Virus yang saat ini sangat dianjurkan bagi masyarakat untuk menghambat penularan Virus COVID-19.

7. Isolasi

Isolasi artinya pemisahan yang dilakukan pada pasien infeksi penyakit ( dalam hal ini Virus Corona) dari pasien lain atau orang lain yang dalam kondisi sakit lain maupun orang yang sehat.

8. Karantina

Istilah karantina terkait Virus Corona adalah sistem atau anjuran yang mencegah perpindahan orang selama periode waktu tertentu untuk mencegah penularan penyakit Virus Corona COVID-19. tujuannya supaya yang sehat jangan bepergian keluar dari tempat tinggal dan dianjurkan tetap di rumah agar tidak tertular. Begitupula sebaliknya, yang sudah positif tertular Virus Corona supaya tidak meninggalkan tempat tinggal (di sarankan di rawat) agar virus tidak menular ke orang lain.

9. Work From Home (WFH)

Work From Home (WFH) artinya kerja dari rumah atau kerja di rumah. Istilah terkait Corona ( Viruses )yang kini mulai diterapkan intansi pemerintahan setiap daerah hingga pusat agar setipa orang yang pekerjaannya dapat dilakukan dari rumah untuk melakukan pekerjaan di rumah masing-masing. Bagi orang yang pekerjaannya tidak dapat dilakukan dari rumah misalnya, kuli bangunan,buruh pabrik, dan pedagang diharapkan tetap waspada di rumah dan selalu menjaga kesehatan.

10. Imported Case

Tertular Virus Corona dari luar wilayah tempat tinggal namun baru diketahui di tempat pasien tinggal. Biasanya pasien Virus Corona Imported case terjadi setelah pasien melakukan perjalanan dari luar negeri yang memiliki kasus COVID-19.

11. Local Transmission

Istilah Local Transmission terkait Virus Corona adalah kondisi seseorang dalam keadaaan berstatus diketahui tertular virus corona di lokasi tempat pasien tinggal disuatu wilayah dan diketahui negara asal pasien tertular Virus Corona.

12. KLB

Status Kejadian Luar Biasa (KLB) adalah status yang ditetapkan pada suatu daerah yang diyakini telah terpapar suatu penyakit dengan situasi mulai mengkhawatirkan seperti Virus Corona yang sedang terjadi saat ini. Penetapan KLB tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1501/Menkes/Per/X/2010 Negara Kesatuan Republik Indonesia tentang Jenis Penyakit Menular Tertentu yang Dapat Menimbulkan Wabah dan Upaya Penanggulangan.

Dalam aturan tersebut, KLB adalah timbulnya atau meningkatnya kejadian kesakitan dan/atau kematian yang bermakna secara epidemiologi pada suatu daerah dalam kurun waktu tertentu, dan merupakan keadaan yang dapat menjurus pada terjadinya wabah.

13. Epidemi

Istilah Epidemi terkait Virus Corona adalah keadaan dimana virus telah menyebar dengan cepat namun masih dalam satu wilayah tertentu saja dan belum menyebar keluar wilayah terinfeksi Virus.

14. Pandemi

Istilah Pandemi Virus Corona artinya keadaan dimana Virus Corona telah nenyebar dengan cepat keluar wilayah VIrus COrona berasal. Dalam kondisi ini setiap orang diwajibkan untuk lebih waspada menjaga kesehatan dan menjauhi tempat-tempat keramaian untuk menghindari tertularnya Virus.

Itulah beberapa istilah terkait Corona Virus (COVID-19) yang wajib diketahui. Semoga Bermanfaat!!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.