Panduan Cara Membuat Instant Articles Facebook di Fanpage

Cara membuat instant articles Facebook – Pengguna instant articles kian naik sejak diluncurkan dan dibukanya pendaftaran bagi pemilik web diseluruh dunia pada April 2016. Produk dari Facebook yang satu ini banyak menarik minat para pemilik web atau blog untuk mendaftar. Hal ini tentu saja menjadi salah satu kabar baik bagi para pemilik blog yang sebelumnya gagal dan selalu ditolak saat mendaftar Google AdSense untuk memonetisasi blog.

Seperti kita ketahui, facebook adalah sosial media terbesar didunia saat ini, yang tentu saja hal ini sangat berpotensi untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung ke website kita apabila instant articles diaplikasikan pada isi konten blog. Bagi anda yang penasaran dan ingin mencoba daftar instant articles facebook, berikut ini panduan bagaimana caranya daftar dan menerapkannya di fanpage facebook Anda.

Apa itu Facebook Instant Article?

Artikel Instan adalah produk Facebook yang dirancang bagi para penerbit media untuk mendistribusikan artikel secara cepat dan interaktif kepada pembaca di aplikasi seluler Facebook dan Messenger untuk menampilkan isi konten sebuah website atau blog. Kelebihan instan articles adalah dengan menggunakan infrastruktur yang sama yang digunakan untuk memuat foto dan video, Artikel Instan dapat memuat hingga 10 kali lebih cepat dari artikel web seluler standar.

Cara kerja instant articles adalah memformat dan memfilter bagian-bagian tertentu isi konten sebuah website dengan markup khusus yang lebih atraktif dan fast loading saat diakses dari aplikasi facebook, sehingga sebuah halaman konten web akan meningkat kecepatannya secara drastis jika diakses dari aplikasi Facebook. Namun jika website dibuka dari browser biasa selain aplikasi Faceebok, tampilan web akan terbuka normal sebagaimana tampilan asli dari situs tersebut.

Untuk informasi selengkapnya tentang Instant Articles Anda bisa mengunjungi https://instantarticles.fb.com/

Berikut ini langkah-langkah panduan cara membuat instant articles Facebook di fanpage;

1.Daftar Instant Articles
2.Claim Alamat Website
3.Buat dan Kirim Artikel sampel ke Facebook
4.Desain Tampilan Instant Articles
5.Download Pages Manager App
6.Submit Artikel Sampel ke reviewer FB
7.Import Artikel melalui Umpan RSS
8.Monetisasi Instan Artikel dengan Audience Network

Cara membuat Instan article Facebook

Sebelum membuat instan article, pastikan Anda memiliki halaman facebook dan Anda bertindak sebagai pengurus didalamnya. Jika Anda belum memiliki silahkan buat terlebih dahulu. Berikut ini langkah-langkah cara membuat instan artikel facebook dihalaman fanpage.

Daftar Instant articles

Langkah awal silahkan kunjungi https://www.facebook.com/instant_articles/signup.
Pilih fanpage milik anda yang akan digunakan untuk daftar Instan Artikel. Pastikan anda mendapatkan role Admin sebagai pengurus fanpage terlebih dahulu agar fanpage anda tampil dalam daftar pilihan. Setelah itu Anda melihat submenu Instant articles pada menu Tools Publising sebelah kiri fanpage anda.

pilih halaman yang ingin digunakan untuk menerbitkan instant articles
pilih halaman yang ingin digunakan untuk menerbitkan instant articles

Kembali keatas

Claim alamat website

Untuk mengclaim alamat website, pastikan Anda memasukan meta tag seperti dibawah ini terlebih dahulu dibagian <head> website milik Anda <meta property=”fb:pages” content=”you-APP_ID” />.

pasang meta tag instant articles dan claim alamat website
pasang meta tag instant articles dan claim alamat website

Meta tag ini akan diberikan oleh Facebook pada halaman claim Url bagian Configurasi. Selanjutnya Claim Url, silahkan isi url situs web milik Anda kedalam kolom di bagian ‘Claim Your URL’, kemudian klik tombol Claim URL seperti pada gambar.

Kembali keatas

Buat dan kirim artikel sampel ke Facebook

Untuk bisa mengirimkan artikel instan agar dapat ditinjau pihak Faceook, Anda terlebih dahulu harus membuat minimal 10 artikel (sebelumnya minimal 5 artikel).

Kirim artikel contoh untuk ditinjau
sebelum dan sesudah pengajuan contoh instant articles diterima

Buat dam kirim artikel ke facebook dengan format HTML yang telah ditentukan pihak Facebook, Anda bisa membaca keterangan lebih lanjut mengenai Artikel Instan di https://developers.facebook.com/docs/instant-articles/guides/articlecreate.

Catatan: Bagi Anda para blogger pengguna platform wordpress, tidak perlu bingung mengenai syarat ini. Untuk pengguna WordPress cukup dengan instal plugin Instant Articles for WP melalui dasbor wp-admin dan setting sesuai petunjuk, Selesai.

Kembali keatas

Desain Tampilan Instant Articles

Facebook memberikan pilihan untuk menyesuaikan desain tampilan instant articles Anda. Desain artikel instan meliputi gambar logo, font, dan banyak lagi. Di sini Anda dapat meng-upload logo dan memilih font yang ingin anda gunakan di seluruh artikel instan milik Anda.

desain tampilan instan artikel facebook
desain tampilan instan artikel facebook

Catatan: Agar artikel instan dapat diterbitkan dan dilihat oleh publik, format artikel instan anda harus menyertakan logo pada setiap artikel.

Kembali keatas

Download Pages Manager App

Saat membuat artikel instan Facebook, anda tidak bisa melihat pratinjau artikel yang anda buat. Untuk melihat preview artikel dan desainnya. Untuk melihat pratinjau artikel yang anda buat, download pages manager app di Google Play atau iTunes melalui perangkat smartphone anda.

Kembali keatas

Submit artikel sampel ke reviewer FB

Sebelum melakukan submit review, pastikan dulu format dan tampilan sudah sesuai dengan apa yang Anda mau dan Facebook inginkan. Jika tampilan belum sesuai, silakan edit kembali beberapa kesalahan yang ada, lalu klik save pada setiap artikel.

Kirim sampel instant articles untuk ditinjau
sebelum dan sesudah pengajuan kirim artikel contoh diterima

Setelah selesai dan dirasa semua sudah sesuai, kembali ke menu instant articles. Klik Submit for Review. Sampai tahap ini, tugas kita sudah selesai. Tinggal menunggu 3 -5 hari kerja untuk tim FB mereview artikel contoh yang kita kirimkan.

Catatan: pengalaman saya pribadi saat mengajukan artikel contoh untuk ditinjau memakan waktu sekitar 2 hari kerja. Saat itu saya sampai 3 kali mengajukan artikel contoh karena ada beberapa kesalahan dalam format artikel yang saya kirimkan.

Kembali keatas

Import Artikel melalui Umpan RSS

Setelah pengajuan instant articles disetujui, anda bisa mempublikasikan artikel instan anda. Anda juga dapat mengimport artikel melalui umpan rss agar artikel blog anda bisa dipublikasikan sebagai instan artikel melalui halaman artikel produksi halaman anda. Masukan umpan rss blog http://domainmu.com/feed/instant-articles atau http://domainmu/feed/rss pada kolom dan centang Import Artikel sebagai Draf. Disarankan untuk mencetang juga autentikasi http. Perhatikan gambar dibawah yang saya lingkari;

Penerbitan otomatis dengan umpan rss
Import artikel dengan Penerbitan otomatis dengan umpan rss
contoh instant articles dari penerbitan otomatis dengan umpan rss
contoh instant articles dari penerbitan otomatis dengan umpan rss

Kembali keatas

Monetisasi Instan Artikel dengan Audience Network

Setelah proses pengajuan diapprove dan membuat artikel instan Facebook dihalaman selesai, kini saatnya anda memonetisasi instant articles dengan audience network untuk menampilkan iklan dan mendapatkan bayaran dengan memanfaaatkan ruang penempatan iklan audience network. Centang kolom Nyalakan iklan resirkulasi di footer artikel dan pilih unit ruang penempatan iklan yang telah anda buat di dasbor audience network.

centang aktifkan resirkulasi untuk monetisasi instant articles dengan audience network
centang aktifkan resirkulasi untuk monetisasi instant articles dengan audience network

Jika anda belum membuat akun audience network, anda bisa membaca panduan cara daftar facebook audience netwok untuk memonetisasi artikel instan anda.

Catatan: Agar penempatan iklan audience network dapat menampilkan iklan, pastikan anda telah mengisi semua data pembayaran di akun audience network.

Kembali keatas

Sekian tutorial panduan cara membuat Instant Articles Facebook di Fanpage. Jika ada penjelasan yang kiranya masih belum jelas, silahkan  anda tanyakan melalui kolom komentar dibawah postingan ini.

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *