Guide for a WordPress beginner who wants to become a Pro! Learn More

Pelajari Cara Menggabungkan File PDF Menggunakan Alat Online

Menggabungkan lebih dari beberapa file PDF ke dalam satu dokumen adalah kebutuhan saat ini. Setelah munculnya internet, orang mulai berbagi informasi melalui World Wide Web.

Hal ini memunculkan solusi yang dapat membuat proses berbagi menjadi cepat dan mudah. Menggabungkan file adalah salah satu cara terbaik untuk memperlancar berbagi dan pengelolaan dokumen.

Anda dapat menyebutkan banyak cara di mana beberapa file dapat digabungkan; namun, menggunakan alat online penggabungan pdf sejauh ini merupakan cara terbaik. Ini karena tidak memerlukan instalasi apa pun di perangkat Anda.

Menggabungkan file PDF

Sebagai gantinya, Anda dapat mengunjungi situs web, mengunggah file Anda, dan menggabungkannya dalam satu klik. Kemudahan akses menjadikan ini solusi yang layak bagi orang yang ingin menyatukan dokumen PDF yang relevan.

Inilah Cara Kerjanya

Langkah 1: Pilih File yang Ingin Anda Gabungkan

Anda dapat memilih file yang ingin Anda gabungkan dengan mengklik tombol ‘Pilih file’. Kemudian, pilih file PDF yang ingin Anda gabungkan. Anda dapat memilih file sebanyak yang Anda inginkan dari perangkat penyimpanan, seperti komputer, laptop, atau bahkan Smartphone. Jika anda ingin membuatnya dari awal, anda bisa membaca artikel tutorial cara membuat pdf.

(Alat) memungkinkan Anda memilih file dari sumber lain, seperti menempelkan URL file atau mengimpor dokumen dari Google Drive dan Drop box.

Langkah 2: Tetapkan Pesanan Mereka

Anda dapat melewati langkah ini jika file yang diunggah sudah dalam urutan yang benar. Namun, jika Anda ingin mereka muncul dalam pengaturan tertentu, manfaatkan langkah ini.

Atur urutan file dengan menyeret dan menjatuhkannya dalam urutan yang benar. Apakah ada yang salah? Jangan khawatir, Anda selalu dapat kembali dengan mengklik tombol Edit dan mengatur pesanan lagi.

Langkah 3: Gabungkan File dengan Mengklik Tombol ‘Gabungkan File’

Setelah mengatur pesanan mereka, klik tombol ‘Gabungkan File’ yang terletak di bagian bawah. Proses penggabungan akan dimulai setelah Anda menekan tombol ini. Segera versi gabungan dari beberapa file PDF akan siap untuk diunduh. Anda dapat melihat pratinjau perubahan sebelum Anda mendapatkan file di perangkat Anda atau membaginya dengan siapa pun menggunakan opsi yang tersedia.

Setelah Anda mendapatkan file PDF gabungan, jangan ragu untuk membagikannya dengan siapa pun melalui WhatsApp, Email, atau bahkan URL langsung. Atau, Anda dapat mengunduh file di perangkat Anda.

Alasan Teratas untuk Menggabungkan Beberapa File PDF

Ada banyak alasan untuk menggabungkan beberapa file PDF.

1) Gabungkan File untuk Mengurangi Ukuran File

Menggabungkan dua atau lebih file PDF adalah cara yang bagus untuk mengurangi ukuran dokumen Anda. Jika Anda memiliki banyak halaman dalam file Anda, menggabungkan semuanya menjadi satu akan mengurangi ukuran file, yang berarti unduhan lebih cepat dan ruang penyimpanan lebih sedikit.

Semakin banyak halaman dalam PDF, semakin besar dan semakin sulit ruang drive yang dibutuhkan. Salah satu cara terbaik untuk mengurangi ukuran PDF adalah dengan menggabungkan beberapa halaman menjadi satu dokumen. Ini akan memungkinkan Anda untuk menggabungkan beberapa halaman menjadi satu dokumen besar dengan lebih sedikit ruang disk yang digunakan oleh file Anda.

Sejumlah besar halaman membuat file PDF lebih besar dari yang diperlukan. Misalnya, Anda memerlukan banyak file PDF jika setiap dokumen Anda berisi beberapa halaman.

Di situlah penggabungan berguna. Ini akan menggabungkan semua dokumen PDF individu menjadi satu dokumen master yang berisi informasi yang sama yang Anda butuhkan. Dokumen gabungan yang dihasilkan akan memiliki ukuran file yang jauh lebih kecil daripada komponen individualnya.

2) Gabungkan File untuk Berbagi Lebih Mudah

Menggabungkan beberapa PDF membantu saat Anda perlu membaginya dengan orang lain. Jauh lebih mudah untuk mengirim seluruh dokumen kepada seseorang daripada mengirim setiap halaman secara terpisah.

Namun, pastikan Anda menangani setiap perubahan yang mungkin dibuat dalam satu dokumen sebelum menggabungkannya dengan dokumen lain. Beberapa program tidak dapat menangani dokumen yang digabungkan karena tidak dapat melacak perubahan yang dibuat dalam satu dokumen saat mengedit dokumen lainnya.

Jadi, pastikan Anda sering menyimpan pekerjaan Anda sehingga jika ada yang salah dengan file yang digabungkan, Anda dapat memperbaikinya nanti.

Faktanya, manfaat besar menggabungkan beberapa file PDF adalah membuat berbagi lebih mudah dengan orang lain. Anda dapat mengirim satu email dengan semua file di dalam satu dokumen terpadu, dan Anda tidak perlu khawatir mengirim email yang berbeda kapan pun Anda perlu berbagi dokumen dengan orang lain.

3) Gabungkan File untuk Meningkatkan Keterbacaan

Banyak orang khawatir tentang seberapa mudah dibacanya dokumen mereka setelah menggabungkannya, tetapi ini seharusnya tidak menjadi masalah sama sekali. Jika Anda menggunakan format PDF untuk dokumentasi, maka Anda harus tahu bahwa ia memiliki kemampuan pengenalan karakter yang sangat baik.

Jika Anda ingin dokumen Anda dibaca oleh sebanyak mungkin orang, menggabungkan PDF dapat membantu meningkatkan keterbacaan semua orang yang terlibat dalam proses tersebut. Meskipun ini mungkin tampak seperti alasan yang mudah untuk menggabungkan PDF, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukannya, seperti apakah dokumen Anda memiliki pemformatan khusus atau tidak yang mungkin penting bagi orang yang membutuhkan informasi tersebut saat membaca dokumen Anda. Jika ya, pastikan semuanya disertakan dalam satu file tanpa mengganggu pemformatan.

4) Gabungkan PDF untuk Kenyamanan

Alasan penting lainnya adalah Anda lebih mudah menemukan informasi dalam satu file daripada menemukannya tersebar di beberapa file. Saat Anda melihat beberapa dokumen, Anda harus melacak di mana mereka berada dalam hubungannya satu sama lain, yang bisa sulit jika mereka tersebar di folder yang berbeda di komputer atau hard drive Anda.

Menelusuri informasi yang diperlukan menjadi nyaman saat Anda memiliki file PDF yang digabungkan. Jika tidak, Anda mungkin harus membuang banyak waktu untuk menemukan detail yang tepat dalam dokumen besar.

5) Gabungkan File untuk Peningkatan Keamanan

Alasan paling umum untuk menggabungkan PDF adalah untuk meningkatkan keamanan. Ketika Anda memiliki banyak file di komputer Anda, ada banyak cara bagi peretas untuk mendapatkan akses. Yang pertama adalah mengendalikan komputer Anda. Yang kedua adalah menggunakan serangan phishing untuk mengelabui Anda agar memberi mereka akses. Yang ketiga adalah untuk program malware yang dapat mengambil alih komputer Anda dan mencuri semua file Anda.

Menggabungkan beberapa PDF dapat membantu meningkatkan keamanan dengan menghilangkan kemungkinan memiliki file duplikat dengan nama atau kombinasi kata sandi yang sama — ini dapat mempermudah orang lain untuk mendapatkan akses ke dokumen Anda daripada hanya satu salinan.

Share on:
Avatar for AlviyatuN

Hai, saya Alviyatun  Orang di belakang alviya.com. Blogger dengan pengalaman 4+ tahun mengurus domain ini. Temukan saya di Medium. Mari kita bicara tentang pemasaran, bisnis, dan keramaian di Twitter . (Dan oh, jika Anda berada di LinkedIn, mari terhubung !)

    KLIK
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.alviya.com. Terima kasih.

Tinggalkan komentar