Pengertian Cpanel dan Hosting Serta Hubungannya

0

Apa sih pengertian hosting dan juga Cpanel?
Seperti halnya domain dan hosting, Cpanel dan Hosting adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Saking dekatnya, banyak orang yang salah mendefinisikan mengenai pengertian cpanel dan hosting.

Secara gamblang, pemgertian hosting dan cpanel memiliki arti yang berbeda-beda. Namun ada orang yang menyebut cpanel dengan sebutan cpanel hosting sehingga membuat bingung.

Untuk lebih jelasnya, berikut Kami uraikan secara rinci mengenai pengertian cpanel dan hosting sebagai edukasi sahabat BOLOGalviya yang ingin terjun ke dunia creator media digital. Terutama untuk Kamu yang ingin membangun sebuah website, Pengertian hosting dan cpanel harus benar-benar diketahui dari A–Z.

Pengertian Hosting dan Web Hosting

Hosting adalah sebuah teknologi yang berfungsi sebagai media untuk menyimpan data seperti informasi, gambar, video dan file digital lainnya. Mudahnya, Hosting diibaratkan sebuah kartu memori penyimpanan pada HP atau flashdisk, namum hosting memiliki ukuran yang lebih besar dan bisa diakses melalui jaringan internet.

Saat ini hosting sering digunakan untuk kebutuhan webiste, sehingga ada yang namanya web hosting. Web hosting adalah hosting yang secara transparant bisa menyimpan dan menampilkan data-data. Kita bisa mendapatkan web hosting dari website penyedia jasa sewa hosting.

Mungkin Kita sudah pernah menggunakan fitur bluetooth, dimana Kita bisa berbagi file dengan orang lain tanpa harus melakukan back up ke kartu memori dan memindah kartu memori tersebut ke HP milik teman.

Artikel Terkait:  Web Hosting Terbaik Indonesia 2018 Berdasarkan Jumlah Pengguna

Sistem yang digunakan web hosting juga sama, mereka menghubungkan sebuah hosting ke jaringan internet agar dapat terhubung ke orang banyak. Hosting yang disediakan provider hosting sudah diatur sedemikian rupa sehingga satu hosting saja bisa digunakan untuk membuat hosting lain.

Untuk perusahaan digital besar seperti Facebook, Google, Instagram, dan lain-lain, mereka membuat hosting sendiri. Hosting ini juga diatur sedemikian rupa sehingga Kita bisa merasakan teknologi yang mereka sajikan kepada publik.

Apa yang Bisa Dilakukan oleh Hosting ?

pengertian cpanel dan hosting serta hubungannya

Fungsi utama dari hosting adalah untuk menyimpan dan menampilkan data-data atau file. Teknologi hosting yang bisa dihungkan ke jaringan internet ini, membuat hosting saat bermanfaat dari berbagai aspek dunia siber.

Lantas, apa saja yang bisa dilakukan oleh hosting? Berikut adalah manfaat dan fungsi hosting yang saat ini sering digunakan oleh banyak orang.

1. Hosting untuk Membuat Website

Saat ini, Hosting sering digunakan sebagai media untuk membuat website. Hosting berperan sebagai media penyimpanan dan menampilkan berbagai file program aplikasi web yang bisa dilihat pengguna internet lainnya.

Untuk dapat mengelola hosting menjadi sebuah webiste, Kamu perlu domain. Domain ini beperan sebagai alamat hosting milik sahabat BLOGalviya sehingga pengguna internet lainnya dapat dengan mudah mengakses website yang sahabat BLOGalviya buat.

2. Membuat Email

Selain pembuatan website, kamu menggunakan hosting untuk email berdasarkan domain yang Kamu miliki. Misalnya Saya memiliki domain BLOGalviya, Saya bisa membuat email seperti kontak@alviya.com, BLOG@alviya.com, dan masih banyak lagi. Keren bukan? Pastinya hosting merupakan media yang cocok untuk mengembangkan bisnis ke dunia digital.

3. Menyimpan File secara Transparant (Membuat Database)

Jika memiliki sebuah hosting, Kamu bisa menyimpan file-file secara transparant tanpa harus memiliki memori penyimpanan. Misalkan Kamu ingin menyimpan file sebesar 1 TB sedangkan memori penyimpanan di perangkat Kamu hanya tersedia sekitar 500GB. Jika Kamu memiliki hosting dengan penyimpanan 2 TB, Kamu bisa menyimpan file tersebut di hosting dan dapat dengan mudah pula membukanya.

Artikel Terkait:  Dapatkan Teknologi Terkini Untuk Akses Server Dengan Membeli Domain Indonesia

Bagaimana Mengelola Hosting ?

Mengelola file pada penyimpanan HP atau Komputer bisa dilakukan dengan aplikasi bernama “File Manager”. Namun, bagaimana dengan hosting yang notabenya masih sulit dipahami?

Sama seperti media penyimpanan pada HP atau Komputer, data-data atau files yang ada di Hosting bisa Kamu kelola dengan mudah menggunakan aplikasi manajer file bernama “cPanel” atau “Control Panel”.

cPanel atau Control Panel ini bisa Kamu dapatkan dari programmer yang membuat aplikasi cPanel atau tersedia secara gratis oleh provider penyedia layanan hosting atau web hosting. Selain manajemen file, cPanel juga bisa digunakan untuk mengatur kapasitas penyimpanan dan mengatur publikasi data kepada pengguna internet.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah uraian lengkap mengenai cPanel mulai dari A – Z yang pastinya akan membantu Kamu memahami pengertian hosting dan cPanel secara lengkap.

Pengertian cPanel

Seperti yang telah disinggung pada pengertian hosting diatas, cPanel adalah sebuah program berbasis sistem operasi linux yang digunakan untuk mengatur data-data pada hosting secara keseluruhan. Selain itu, cPanel juga bisa digunakan untuk mengatur domain yang Kita hubungkan ke hosting.

Saat ini, cPanel merupakan pilihan aplikasi yang banyak digunakan dalam manajemen web hosting. Selain memiliki banyak kelebihan, cPanel sangat mudah digunakan dan dipelajari oleh banyak orang, bahkan orang awam sekalipun dalam pengetahuan teknologi.

Bukan hanya itu, cPanel bisa Kamu dapat dengan harga murah bahkan beberapa provider web hosting menawarkan cPanel secara gratis dengan fitur yang sangat lengkap. Untuk lebih jelasnya, berikut fasilitas-fasilitas yang bisa Kamu dapatkan dari program cPanel.

Artikel Terkait:  30 Situs Web Hosting Indonesia Dengan Pangsa Pasar Terbesar 2016

Fitur cPanel yang Sangat Membantu Mengelola Hosting

Tangkapan layar panel kontrol di Cpanel untuk pemilik domain
Tangkapan layar panel kontrol di Cpanel untuk pemilik domain

File Manajer

Pada umumnya, manajemen file atau yang lebih dikenal File Manager pada hosting menggunakan program FTP (File Transfer Protocol) yang terhubung ke penyimpanan hosting. Namun dengan cPanel, Kamu bisa mendapatkan modul lebih, diantaranya :

  1. Backup
  2. Backup Wizard
  3. Directory Privacy
  4. Disk Usage
  5. File Manager
  6. FTP Accounts
  7. FTP Connections :
  8. Web Disk

Manajemen Database

Jika Kamu menggunakan CMS, biasanya data-data dari luar akan disimpan di database hosting. Kamu bisa mengatur data tersebut melalui fitur cPanel ini. Berikut fitur yang bisa Kamu dapat dari manajemen database cPanel:

  1. MySQL Database Wizard
  2. MySQL Databases
  3. phpMyAdmin
  4. Remote MySQL

Manajemen Domain

Seperti yang sudah disinggung diatas, bahwa cPanel bisa digunakan untuk menghubungkan domain dan hosting. Selain itu, Kamu juga bisa mengatur sendiri sistem pada domain dengan fitur-fitur cPanel berikut:

  1. Addon Domains
  2. Aliases
  3. DNS Manager
  4. Preview Website
  5. Redirects
  6. Subdomains

Manajemen Keamanan Hosting

Kemanan data yang disimpan di hosting, pastinya harus begitu diperhatikan. cPanel memberikan layanan kemanan untuk data hosting. Berikut beberapa fitur keamanan yang ada pada cPanel :

  1. Hotlink Protection
  2. IP Blocker
  3. Leeach Protection
  4. SSH Access
  5. SSL/TLS

Fitur Lainnya

Ada banyak lagi fitur-fitur keren yang disediakan cPanel untuk mengatur hosting Kamu sampai ke akar-akar, seperti Manajemen database, instalasi aplikasi berbasis web, instalasi program, manajemen email, dan masih banyak lagi fitur cPanel yang sangat membantu pengelolaan hosting.

Ringkasan

Berdasarkan uraian diatas, dapat Kita simpulkan bahwa pengertian hosting dan cPanel sangat berhubungan erat. Hosting adalah media penyimpanan yang bisa terhubung ke jaringan internet, sedangkan cPanel adalah program yang digunakan untuk mengatur penggunaan dan data pada hosting.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More