alviya
Media Berbagi Informasi

Resep Rendang Daging Sapi Padang Asli Minang Empuk dan Enak

alviya.com, Padang Asli Empuk dan Enak – Sepertinya hampir semua orang mengenal rendang daging sapi. Makanan yang empuk dan enak khas padang asli minang satu ini, mungkin hampir diseluruh indonesia sudah banyak warung makan yang menjualnya. Bahkan bukan hanya di Indonesia, melainkan dinegara lain pun sudah ada yang menjual menu rendang. Lalu apa sih rahasianya rendang padang asli minang yang empuk dan enak?

resep rendang padang asli minang pariaman yang empuk dan enak

Makanan yang berbahan utama dari daging sapi yang diungkep, kemudian ditambahkan dengan berbagai macam rempah-rempah pilihan menjadikan makanan yang satu ini sangat lezat, empuk dan enak disantap.

Ditambah lagi, Rendang Padang bisa tahan lama hingga berbulan-bulan tidak basi menjadikan makanan rendang padang istimewa khas padang ini lebih disukai. Rasanya yang sangat menggoda lezat, empuk dan enak membuat rendang padang istimewa dan menjadi salah satu makanan favorite. Apalagi jika anda pecinta Rendang Padang yang sering makan di Rumah Makan Padang seperti rumah makan andalas, minang dan lain-lain, pasti Anda sudah tahu nikmatnya makanan Rendang Padang.

Rasanya jadi lapar kan mendengarnya, tenang saja Resep Rendang yang disajikan disini juga enggak kalah enak dan empuk dengan makanan Rendang Padang aslinya, karena resep dan caranya didapat langsung dari orang padang yang punya restaurant padang yang rasanya sangat enak. Silahkan langsung mencobanya sendiri, resep cara membuat rendang berikut ini.

Iklan

Ini dia resep rendang padang asli minang pariaman yang empuk dan enak

Bahan-bahan :

  • 1 kg Daging sapi pilihan, potong ukuran sesuai selera.
  • 3 buah kelapa Tua, peras hingga jadi santan kental.
  • 15 butir Bawang merah.
  • 8 siung Bawang putih.
  • 1 ons Cabai merah (kriting).
  • 2 cm Jahe2 cm lengkuas memarkan.
  • 1 sendok teh merica bubuk.
  • 2 batang Sereh di geprek terlebih dahulu.
  • 2 biji asam kandis.
  • 2 buah Bunga pekak.
  • 3 lembar Daun jeruk.
  • 4 lembar Daun salam.
  • 1 lembar Daun kunyit.
  • Garam.
  • Gula pasir.

Bahan pelengkap:

Kelapa serundeng yang sudah disangrai terlebih dahulu.
1 ons Hati sapi potong dadu kecil kemudian rebus

Cara Membuat:

1. Potong daging sapi

Pertama, potong-potong 1 kg Daging sapi yang sudah disiapkan. Potong ukuran sesuai selera.

2. Geprek atau pukul-pukul daging sapi supaya empuk

Untuk mendapatkan hasil maksimal dan menambah keempukan daging rendang yang kita buat, sebaiknya daging yang sudah dipotong dipukul atau digeprek terlebih dahulu supaya serat daging sapi lunak dan empuk baru kemudian di ungkep.

3. Haluskan bumbu

Haluskan terlebih dahulu bawang merah dan bawang putih, cabai, jahe dan lengkuas.

4. Ungkep daging sapi dalam bumbu

Setelah itu, mulai ungkep daging sapi yang sudah dipotong-potong dengan bumbu yang telah dihaluskan tadi. Tunggu sampai ber uap dan daging ungkepan kering. Pada proses pengungkepan daging rendang supaya empuk dan enak biasanya memerlukan waktu yang agak lama kurang lebih semalam penuh atau seharian, selain untuk mendapatkan daging yang empuk dan enak juga supaya bumbu yang dipakai benar-benar meresap kedalam daging.

5. Masukan santan dan rempah-rempah

Selanjutnya, masukan santan kental, merica bubuk, sereh, asam kandis, bunga pekak, daun jeruk, daun salam, garam dan gula pasir, kemudian aduk hingga merata, jangan lupa masukan juga daun kunyit, sobek-sobek atau potong-potong terlebih dahulu daun kunyit supaya aromanya keluar. Tunggu sampai santan mendidih, dan sedikit mengeluarkan minyak, kemudian kecilkan api supaya santan tidak pecah.
Pada saat memasak santan, usahakan menggunakan api kecil supaya santan tidak pecah dan caranya dengan menggunakan gerakan memutar ke atas seperti ketika menimba.

6. Campurkan bahan pelengkap agar lebih enak

Campurkan bahan pelengkap kedalam rendang kemudian aduk lagi sampai merata. Usahakan terus di aduk-aduk agar rendang tidak lengket dan menempel pada kuali. Tunggu sampai rendang berubah warna dan mengering.

7. Angkat dan sajikan

Setelah rendang daging sapi matang. Angkat, dan Rendang Sapi siap untuk disajikan.

Itulah resep rendang padang asli minang pariaman yang empuk dan enak, untuk lebih nikmat saat dimakan, sajikan menggunakan nasi hangat, lalapan dan sambel ijo.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More