alviya
Media Berbagi Informasi

Sariawan: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Sariawan

bisa terjadi pada siapapun termasuk anak-anak dan orang dewasa. Penyebab dan gejala yang timbul bervariasi. juga beragam. Namun, mencegah sariawan lebih baik daripada mengatasi dengan obat-obatan. Kenapa? Alasannya, meski secara umum tidaklah berbahaya. Namun, sakit yang ditimbulkan kerap membuat kita merasa kurang nyaman.

Sariawan merupakan kondisi mulut yang tidak menyenangkan. Saya sendiri pernah beberapa kali mengalami yang tidak jarang juga sekitar mulut ada kemerahan dan nyeri yang menyebabkan saya kesulitan makan atau menelan makanan.

?

Apa itu sariawan? Lesi mulut atau Sariawan adalah peradangan kulit yang terjadi pada kulit bagian dalam mulut. Biasanya berupa luka kecil dangkal di dalam mulut atau di dasar gusi. dapat muncul pada bibir bagian lidah, di bibir bagian dalam (bukan di bibir luar), gusi, hingga langit-langit mulut. Sakit sariawan adalah suatu kondisi medis di mana jamur mirip ragi yang disebut Candida albicans tumbuh berlebihan di mulut dan tenggorokan.

Iklan

Apa yang menyebabkan sariawan? Cedera pada bagian mulut merupakan penyebab utama sariawan. Luka dibagian mulut yang bisa dikarenakan tergigit maupun cara menyikat gigi yang salah. Selain itu, penyebab terjadinya sariawan juga dapat dipicu oleh berbagai faktor, termasuk penyakit, kehamilan, obat-obatan, merokok, atau bahkan pemakaian gigi palsu. Termasuk lemahnya sistem kekebalan tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh lemah, kekurangan vitamin b12 berisiko menjadi penyebab sariawan.

Apakah sariawan itu berbahaya? Kebanyakan orang mungkin menganggap sariawan adalah penyakit biasa dan tidak berbahaya yang tidak perlu dikhawatirkan karena biasanya sariawan akan sembuh dengan sendirinya dalam satu sampai dua minggu. Tapi sariawan mulut yang tidak diobati dapat menyebabkan infeksi kandida sistemik yang lebih serius yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker mulut.

Gejala Sariawan

Anda mungkin pernah merasakan tanda dan gejala sariawan dengan ciri-ciri seperti luka berwarna putih krem biasanya terjadi disekitar lidah, pipi bagian dalam, dan terkadang di langit-langit mulut, gusi, hingga amandel.

Itu hanyalah sebagian dari tanda dan gejala sariawan. Jika sariawan di lidah gejala lain yang mungkin bisa terjadi, termasuk hilangnya rasa, atau rasa tidak enak, kemerahan di mulut dan tenggorokan hingga timbul rasa sakit mulut. Jika sariawan di tenggorokan dapat menyebabkan kesulitan makan atau menelan makanan.

Pencegahan Sariawan

Beberapa langkah umum yang bisa dilakukan untuk membantu mencegah sariawan antara lain dengan meningkatkan kesehatan mulut seperti menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride, flossing biasa atau menggunakan sikat interdental untuk membantu menjaga kebersihan area mulut yang lebih sulit dijangkau. Baca juga: Tips memutihkan gigi dengan baking soda.

Cara Mengatasi Sariawan

Perawatan dan cara mengatasi sariawan umumnya dapat dilakukan dengan beberapa cara meliputi larutan kumur, salep dan obat-obatan seperti obat bius untuk meredakan rasa nyeri, serta Steroid untuk membantu perbaikan jaringan.

Selain obat-obatan, sariawan juga dapat diatasi dengan cara alami. Beberapa cara mengatasi sariawan dengan bahan alami yang dipercaya sebagai obat sariawan alami yang ampuh antara lain: Larutan kumur, jus buah dan Yougurt.

Beberapa larutan kumur yang dipercaya dapat mengatasi sariawan secara alami misalnya berkumur dengan larutan air garam, larutan air campuran baking soda dan larutan cuka sari apel. Selain itu cara alami atasi sariawan lainnya yang dipercaya ampuh yaitu dengan mengkonsumsi jus lemon, minuman madu alami, dan sari kunyit.

Ringkasan

Dari beberapa referensi situs kesehatan yang saya baca ternyata untuk orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah, sariawan bisa menjadi lebih serius. Meskipun kelihatannya seperti sariawan mulut biasa, tapi jika sariawan terus menerus dan tidak kunjung sembuh bisa saja itu merupakan indikasi kanker mulut yang dapat menyebar ke kerongkongan atau bagian lain dari tubuh. Karena yang saya tahu ciri-ciri dan gejala sariawan biasa hampir mirip dengan kanker mulut.

Saya sendiri tidak tahu pasti apa bedanya sariawan dengan kanker mulut karena itu adalah hal yang hanya diketahui oleh ahlinya. Jika anda ingin tahu lebih lanjut sebaiknya baca salah satu artikel halodoc yang menjelaskan tentang perbedaan sariawan biasa dan kanker mulut.

Memang, sariawan mulut jarang menjadi masalah serius bagi anak-anak dan orang dewasa yang sehat. Namun, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More