alviya
Media Berbagi Informasi

2 Cara Mudah Setting Front Page di WordPress (Homepage Static)

Setting Front Page di Meneruskan posting tutorial WordPress sebelumnya pada poin Setting standard WordPress. Kali ini kami akan membahas tentang pengaturan membaca (Reading) untuk menampilkan halaman “beranda” static front page.

Secara default halaman muka WordPress menampilkan posting terbaru yang sudah diterbitkan lalu di ikuti posting lebih lama. Namun, WordPress adalah CMS yang fleksibel. Sehingga kita bisa mengatur tampilan WordPress sesuai dengan kebutuhan dalam membuat website.

Kita bisa mengatur web WordPress kita supaya menampilkan daftar posting terbaru atau satu halaman tertentu saja di tampilan beranda (front page). Jika kita ingin menampilkan halaman tertentu, kita bisa menentukan satu halaman muka khusus dimana tampilan muka akan menampilkan satu halaman tertentu yang bersifat statis.

Sebagai contoh, pada tutorial kali ini kami akan membuat halaman “Homepage” sebagai tampilan statis default front page di WordPress. Oke, langsung saja berikut ini langkah-langkah untuk setting static front page pada WordPress :

Iklan

Create homepage

Langkah pertama mulailah dengan membuat laman yang ingin kamu gunakan sebagai halaman beranda static front page.

1. Buka WordPress AdminPagesAdd.

2. Beri judul halaman misalnya “Homepage”.

3 Masukan teks dan media gambar atau apapun yang ingin ditampilkan didalamnya, bisa profil website atau yang lain.

4. Setelah semua lengkap, lalu klik publis.

5. Sekarang, buat halaman kosong kedua untuk “Post Page“. Ini akan menampilkan daftar Pos-pos terbaru situs WordPress kamu. Caranya dengan pergi sekali lagi ke:

  • WordPress AdminPagesAdd.
  • Beri nama apa saja. Misalnya “Berita,” atau “Posting” – nama yang akan membantu kamu untuk mengingat bahwa ini adalah halaman di mana daftar posting akan muncul.
  • Publikasikan.

Setelah laman dibuat, kini saatnya mengatur agar halaman ditampilkan sebagai halaman statis di halaman depan.

Cara Setting Front Page WordPress

Untuk menentukan static homepage “beranda statis” WordPress, ada dua cara.

1. Setting front page dari pengaturan WordPress:

1. Masuk ke area administrasi situs WordPress kamu.

2. Klik “Settings” di sidebar kiri untuk memperluas submenu “Pengaturan”.

3. Klik “Reading” di submenu.

4. Klik pada tombol radio bertuliskan “A static page” di bagian “Your Homepage Views” untuk mengatur halaman depan agar menampilkan halaman statis.

5. Gunakan menu drop-down berlabel “Front Page” untuk mengatur halaman WordPress “homepage” yang ingin kamu gunakan sebagai halaman depan statis.

Catatan: Jika web WordPress kamu menggunakan versi AMP tapi belum menggunakan halaman statis untuk beranda. Maka kamu akan mendapat notifikasi seperti berikut:

“We have detected that you have not setup the FrontPage for AMP, Click here to setup”

6. Gunakan menu drop-down berlabel “Post Page” untuk memilih halaman yang ingin Anda gunakan untuk menampilkan posting WordPress Anda, karena tidak akan lagi ditampilkan di halaman depan.

7. Klik tombol biru “Save Changes” di bagian bawah halaman untuk mengubah halaman beranda default di situs WordPress Anda.

2. Setting homepage melalui customize theme:

1. Buka ThemeCustomizeHomepage Settings:

2. Kemudian, di bawah Front page displays, pilih A static page.

3. Selanjutnya, klik pada daftar tarik-turun Beranda dan pilih laman “Homepage” yang sudah kamu buat sebagai beranda statis.

4. Selanjutnya, pada tarik-turun laman Post Page, pilih laman “Pos” yang sudah kamu buat.

5. Setelah menentukan laman posting kemudian klik tombol Publishs.

6. Halaman daftar posting WordPress berhasil di perbarui.

Dari pengaturan front page ini kamu bisa mengubah tampilan front page ke halaman apa saja. Misalnya untuk menampilkan halaman “Contact,” “Disclaimer,” atau “Persyaratan Layanan,” “Privacy Policy,” atau “Tentang”. Kamu tinggal ulangi langkah di atas, kemudian ganti ke halaman yang diinginkan.

Selain untuk setting front page, setting standard WordPress Reading juga memiliki opsi lainnya. Berikut ini pengaturan lengkap di opsi Reading:

Pengaturan lain di WordPress Reading Settings

  1. Your homepage displays
  2. Blog pages show at most
  3. Syndication feeds show the most recent
  4. Search engine visibility
  5. Follower Settings –
    Blog follow email text
    • Comment follow email text

Sekian tutorial panduan setting front page di WordPress dan penjelasan pengaturan reading WordPress yang bisa kami jelaskan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More