Setting Pengaturan Menulis di WordPress

Setting pengaturan menulis di adalah salah satu fitur standard bawaan platform WP yang bisa digunakan untuk melakukan beberapa hal.

Seperti yang sudah saya bahas pada artikel setting standard WordPress pada postingan sebelumnya, saya sudah membahas tentang beberapa pengaturan.

Beberapa yang sudah saya bahas antara lain cara merubah bahasa WordPress, merubah tampilan dashboard dan juga cara setting permalink wordPress.

Untuk artikel kali ini saya akan bahas pengaturan menulis yang sudah sempat saya singgung pada artikel sebelumnya.

Ada beberapa pengaturan standard yang dapat disesuaikan melalui pengaturan menulis ini.

Berikut beberapa setting pengaturan menulis di

Setting_Pengaturan_Menulis_di_WordPress

1. Default Post Category

Pengaturan default category berguna untuk menentukan kategori utama saat menerbitkan artikel baru. Apabila saat memposting artikel tidak diberi kategori, maka otomatis default kategori yang akan ditetapkan untuk postingan tersebut.

Rekomendasi pilih standar kategori sesuai niche blog. Misalnya blog membahas tentang “Gadget”, maka akan lebih baik jika standar kategori yang ditetapkan adalah kategori “Gadget”.

Dengan demikian apabila saat memposting artikel baru tapi lupa memberi kategori pada artikel tersebut akan otomatis masuk dalam kategori sehingga niche artikel tidak keluar dari blog.

Jika tidak diterapkan maka standard kategori bawaan WordPress “uncategorized” yang akan diterapkan pada artikel tersebut.

2. Default Post Format

Pilihan setting standard untuk default post format adalah:

  • Standard
  • Aside
  • Chat
  • Gallery
  • Link
  • Image
  • Quote
  • Status
  • Video
  • Audio

Rekomendasi pilih sesaui dengan jenis situs yang digunakan. misalnya situs yang membahas sebuah video ataupun streaming, maka sebaiknya gunakan post format “Video” sebagai default post format website.

3. Memposting Artikel via email

Pengaturan ini berguna untuk yang ingin mempoting artikel tanpa harus membuka halaman wp-admin >> post.

Cukup buat artikel lalu kirim ke via email.

Anda harus melakukan sedikit settingan untuk menyiapkan akun email rahasia dengan akses POP3.

Setting Email:

  • Mail Server: isi dengan alamat server email
  • Login Name: isi dengan nama pengguna untuk login email yang digunakan
  • Password: isi dengan password email

Default Mail Category:

Sama seperti memposting melalui dashboard WordPress, jangan lupa pilih juga default category post yang digunakan.

4. Ping Mesin Perayap / Perbarui Layanan

Pengaturan ini berguna untuk melakukan ping otomatis ke mesin perayapan saat menerbitkan postingan baru.

Cukup masukan daftar url situs ping dan otomatis akan memberitahukan artikel baru pada masing-masing url situs layanan tersebut.

Daftar XML-RPC Ping Services yang dapat digunakan

http://rpc.pingomatic.com http://rpc.twingly.com http://api.feedster.com/ping http://api.moreover.com/RPC2 http://api.moreover.com/ping http://www.blogdigger.com/RPC2 http://www.blogshares.com/rpc.php http://www.blogsnow.com/ping http://www.blogstreet.com/xrbin/xmlrpc.cgi http://bulkfeeds.net/rpc http://www.newsisfree.com/xmlrpctest.php http://ping.blo.gs/ http://ping.feedburner.com http://ping.syndic8.com/xmlrpc.php http://ping.weblogalot.com/rpc.php http://rpc.blogrolling.com/pinger/ http://rpc.technorati.com/rpc/ping http://rpc.weblogs.com/RPC2 http://www.feedsubmitter.com http://blo.gs/ping.php http://www.pingerati.net http://www.pingmyblog.com http://geourl.org/ping http://ipings.com http://www.weblogalot.com/ping

Jangan lupa setelah semua setting pengaturan menulis di selesai dilakukan klik “Simpan Perubahan”.

Share on:
Avatar for AlviyatuN

Hai, saya Alviyatun  Orang di belakang alviya.com. Blogger dengan pengalaman 4+ tahun mengurus domain ini. Temukan saya di Medium. Mari kita bicara tentang pemasaran, bisnis, dan keramaian di Twitter . (Dan oh, jika Anda berada di LinkedIn, mari terhubung !)

    KLIK
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.alviya.com. Terima kasih.

Tinggalkan komentar