Terkena Luka Bakar, Begini yang Harus Anda lakukan!

Terkena Luka Bakar, Begini yang Harus Anda lakukan!

Anda pernah mengalami luka bakar? Bagaimana sikap Anda saat mengalaminya? Apakah Anda berusaha untuk melakukan pertolongan pertama pada luka Anda atau diam dan bingung menunggu bantuan seseorang? Meskipun ada orang yang memang ahli dalam menangani masalah ini, Anda tetap perlu Luka bakarmengetahui asal musabab terjadinya luka bakar. Anda juga perlu tahu bagaimana gejala dan cara penanganan yang perlu dilakukan saat mengalami luka bakar.

Penyebab Luka Bakar pada Tubuh

Luka bakar adalah sebuah kondisi kulit di mana kulit mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh panas dan bisa saja akan sangat menyakitkan. Biasanya juga bahkan bisa mengakibatkan kulit menjadi memerah, mengelupas, luka melepuh, kulit hangus dan pembengkakan pada kulit Anda. nah penyebab utama mengapa kulit bisa terbakar adalah bisa karena suhu panas yangmana disebabkan oleh uap, api, cairan atau benda lain yang bersifat panas. Dan juga bisa disebabkan karena terkena sengatan listrik yang bersumber dari arus listrik atau petir.

Baca Juga:  Asupan Gizi Penting Untuk Tumbuh Kembang Anak yang Optimal

Selain itu, luka bakar juga bisa disebabkan karena suhu yang dingin. Mengapa bisa? Ini umumnya bisa muncul karena kulit terkena air, angina tau kondisi dingin yang bisa mengakibatkan luka. Sinar matahari juga bisa menyebabkan luka bakar yangmana efeknya akan membuat kulit menjadi gelap atau hitam. Selain itu, gesekan yang keras pun bisa menyebabkan luka bakar. Misalnya saja tergesek dengan jalan raya ataupun karpet.

Bahkan ada lagi sebab mengapa bisa mengalami luka bakar. Penyebabnya adalah karena Anda bersentuhan dengan bahan kimia rumah tangga ataupun industri yang bisa menyebabkan luka bakar. Dan terakhir, luka bakar bisa juga disebabkan karena adanya radiasi. Radiasi ini bisa berupa X-ray dan juga dari terapi radiasi yang biasa dilakukan untuk para penderita kanker. Bukan hanya bisa merusak dan melukai lapisan-lapisan pada kulit, semua penyebab itu juga bisa melukai bagian anggota tubuh yang lainnya, seperti otot, saraf, pembuluh darah, mata dan paru-paru. Jadi, Anda perlu berhati-hati pada bahan atau penyebab luka bakar tersebut.

Baca Juga:  Hentikan Perawatan Wajah Jika Mengalami 8 Tanda-Tanda Ini

Cara Penanganan Luka Bakar

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengobati atau mengatasi luka bakar. Itu juga tergantung dengan tingkat keparahannya. Dan untuk pertolongan pertama, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Mendinginkan luka bakar dengan air biasa kira-kira sekitar 20-30 menit. Pastikan agar Anda tidak menggunakan air es, es, krim ataupun bahan lainnya yang berminyak karena bisa mengakibatkan infeksi atau semakin parah luka pada saat akan mendinginkan luka bakar.
  2. Singkirkan setiap aksesoris yang menempel pada kulit atau area yang terbakar. Jika terdapat kain yang sudah menempel pada luka bakar, maka Anda jangan mencoba untuk menariknya apalagi memaksanya. Biarkan saja dahulu.
  3. Dudukkan penderita dalam posisi yang tegak jika wajah atau mata penderita yang mengalami luka bakar tersebut. Pada posisi ini, risiko terjadinya pembengkakan bisa dicegah.
  4. Pastikan juga kondisi penderita merasa hangat. Anda bisa menggunakan selimut untuk menutupi penderita luka bakar. Namun, Anda jangan sampai menggores bagian luka bakarnya. Luka bakar bisa Anda tutupi dengan menggunakan perban steril.
  5. Sarankan penderita untuk meminum obat pereda rasa sakit agar jika merasa sakit yang mengganggu dan tidak tertahankan bisa diatasi atau dikurangi. Anda bisa memberikannya parasetamol atau ibuprofen untuk penderita. Dan berikan sesuai dengan petunjuk obat sebelum mengkonsumsinya.
Baca Juga:  Gusi Berdarah Akibat Perawatan Gigi Sehari-Hari Yang Salah

Dan itulah beberapa cara mengatasi luka bakar. Cara tersebut di atas adalah pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan agar luka bakar tidak bertambah parah.

AlviyatuN

Hanya orang biasa yang ingin berusaha menjadi lebih baik

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.