4 Tips Sederhana Menggapai Kesuksesan Dalam Hidup

Menggapai Kesuksesan Dalam Hidup – Mengapa ada orang sukses yang berhasil dalam berbagai hal, sedang di sisi lain banyak yang gagal dan tidak mampu mencapai apa yang mereka cita-citakan?

Tentu saja ada banyak faktor dalam hal ini. Kesuksesan bukanlah sesuatu yang instan. Dia butuh diperjuangkan. Sebaliknya, mereka yang ingin sukses secara instan gagal memahami hal ini.

Meski demikian, merujuk pada Catatanadi.com pada kunci kesuksesan dalam berbagai hal, ada formula yang bisa dilihat. Ternyata keberhasilan itu punya pola. Polanya jelas. Hanya saja banyak orang tidak menyadarinya.

Mengapa orang seperti Elon Musk bisa tiba-tiba menguasai dunia industri dengan aneka penemuannya yang gila itu? Atau Larry Page dan Sergey Brin yang mampu membesarkan Google menjadi korporat kenamaan yang benar-benar mempengaruhi hajat hidup orang banyak. Jika ingin ditambah, daftar ini akan sangat panjang. Sebut saja nama Steve Jobs, Bill Gates, Donald Trump, Warren Buffet, Oprah Winfrey, atau Jack Ma.

Mereka semua berhasil di bidang masing-masing. Dan ada kesamaan diantara mereka semua. Ada pola. Ada formula. Tapi kunci utama mereka menuju kesuksesan dalam hidup adalah selalu memaksa diri produktif.

Lantas apa saja pola yang bisa kita tiru dalam hal untuk membantu kita mencapai apa yang kita cita-citakan selama ini.

Masih mengutip dari Catatanadi.com, setidaknya ada 4 hal yang bisa kita ambil dari para pesohor hebat tersebut di atas. Dan keempatnya benar-benar sesuatu yang sederhana. Sangat simple. Namun berefek besar bagi kehidupan. 

1. Jangan Menunda

Kesalahan terbesar bagi mereka yang mengaku ingin sukses adalah menunda-nunda. Ingin berubah tetapi enggan mengambil aksi nyata. Maka satu hal yang pasti, kesuksesan tidak akan pernah datang.

Jika Facebook menunda membeli Instagram atau Whatsapp, mungkin mereka akan segera dilibas oleh para kompetitornya. 

Menunda adalah ciri orang gagal. Buang jauh-jauh sikap ini. Jika ingin menjadi insan yang berhasil, maka pikirkan, rancang strategi dan lakukan sekarang juga. Ekesekusi saat ini juga. 

2. Jangan Menyerah

Apakah Kolonel Sanders menyerah pada keadaan yang begitu berat? Tidak! Maka dunia mengganjarnya dengan hadiah yang tidak pernah ia bayangkan sebelumnya. KFC bangkit dan menjadi salah satu waralaba tersukses dalam sejarah Amerika Serikat, bahkan dunia.

Apa yang dilakukan Pak Tua Sanders dengan hidupnya sungguh memberikan tamparan keras bagi siapapun yang berniat ingin menyerah.

Anda tidak boleh menyerah. Mungkin kondisi sedang sulit. Pikiran penuh dengan tekanan. Tetapi jika berhasil melewati semuanya, maka akan ada kenikmatan luar biasa di ujung jalan ini.

Buanglah opsi menyerah dari dalam kamus kehidupan Anda. Latihlah diri. Tingkatkan kemampuan. Bekali jiwa Anda dengan semangat yang baru senantiasa. Pikirkan tentang cita-cita yang harus Anda raih. Jangan menyerah. 

3. Miliki Visi yang Jelas

Visi adalah cara seseorang memandang dunia ini. Bagaimana para pengusaha hebat tersebut memandang dunia? Tentu saja dengan kacamata yang berbeda yang dimiliki orang biasa. Itu sebabnya mereka sukses.

Sudahkan Anda memiliki tujuan? Tujuan erat kaitannya dengan visi. Visi yang jelas akan sangat membantu dalam menggapai apa yang dicita-citakan. 

Tetapkan visi dan tujuan lalu cobalah untuk meraih hal tersebut. Bagi dalam beberapa bagian yang lebih kecil, semisal tujuan jangka pendek, menengah atau panjang. 

4. Rajin Meningkatkan Kemampuan Diri

Apakah orang-orang hebat merasa dirinya hebat? Mungkin iya, tetapi mereka menolak untuk sombong, dalam arti enggan lagi untuk belajar.

Sebaliknya, para pesohor tersebut terus menerus menggali hal baru, meningkatkan aneka skill dan mencari inovasi-inovasi yang brilian.

Kita bisa melihat bagaimana perkembangan dari Facebook atau Amazon yang makin hari makin kaya akan fitur-fitur menarik. Itulah kuncinya, yakni terus berinovasi. 

Ketika seseorang sudah merasa dirinya sangat pintar dan enggan lagi meningkatkan kemampuan, maka sebenarnya masa-masa kejatuhannya sedang dimulai saat itu juga. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Comment
  1. Tri winoto says

    Sangat memotivasi mbak artikelnya