7 Tools SEO Gratis dari Google untuk Meningkatkan Traffic Blog

7 Tools SEO Gratis dari Google untuk Meningkatkan Traffic Blog – Alat untuk SEO bisa saja mahal tapi bisa juga gratis. Sebelum Anda membayar Alat SEO apa pun, pastikan Anda menggunakan Tools SEO Gratis dari Google atau bisa juga disebut Google SEO Tools yang tersedia untuk membantu SEO Anda.

Sebelumnya saya baru saja memposting artikel yang berjudul 2 strategi penting Cara Meningkatkan Traffic Blog, yang penasaran silahkan baca. Nah, kali ini saya akan membahas tentang Tools SEO Gratis dari Google yang patut digunakan. Dengan bantuan Tools SEO Gratis dari Google kita bisa tahu berapa banyak lalu lintas yang kita dapatkan setiap minggu untuk setiap posting yang dimiliki. Jadi, penting untuk menggunakan alat SEO yang relevan untuk memastikan Anda mengoptimalkan konten Anda.

Berikut adalah berbagai hal yang dapat sobat lakukan dengan menggunakan Tools SEO gratis dari Google yang akan membantu pengoptimalan mesin telusur sehingga bisa bersaing di SERP Google.

7 Tools SEO Gratis dari Google

1. Google Webmaster Tools

Saat Google merayapi situs web untuk mengindeks laman, mereka tidak menghubungi pemilik situs untuk memberi tahu tentang hasilnya! Tapi mereka membuat hasil ini tersedia bagi pemilik situs di alat webmaster Google .

Jika ada kesalahan atau masalah yang ditampilkan, sangat penting untuk mengatasinya. Jika Anda tidak menyelesaikannya, ini akan mempengaruhi kemunculan konten Anda di hasil pencarian.

Pada contoh berikut menunjukkan bahwa ada kesalahan dengan tag judul. Sebaiknya diperbaiki (sangat penting untuk SEO). Tinjau bagian ini untuk melihat kesalahan apa yang Anda miliki.Salah satu fungsi alat SEO Gratis Webmaster Tools

Di bagian kueri Penelusuran -> Penelusuran Lalu Lintas Alat SEO Google ini menampilkan daftar kata kunci yang telah digunakan untuk menemukan konten di situs Anda. Ini juga merupakan area yang sangat penting. Ada beberapa hal yang perlu diwaspadai disini:

a). Apakah ada kata kunci yang tidak relevan – Jika kata kunci tidak relevan dengan niche, maka Anda perlu menyelidiki mengapa orang menemukan situs Anda menggunakan kata kunci ini. Anda bisa jadi menggunakan kata kunci ini terlalu banyak dalam konten Anda atau memasukkannya ke dalam area penting seperti judul halaman.

b). Apakah klik Anda rendah untuk kata kunci tertentu yang relevan dengan niche situs. Ini bisa jadi posisi Anda muncul di hasil pencarian atau bisa juga Anda memiliki judul atau deskripsi yang tidak memotivasi orang untuk mengkliknya.

Identifikasi kata kunci yang relevan dengan rasio klik per tayang rendah

Untuk mencapai rasio klik per tayang yang lebih baik, ada 3 hal yang harus dilakukan:

a). Perbaiki optimalisasi postingan – Mungkin kita belum memasukkan ‘kata kunci’ pada tag judul (penting untuk google).

b). Cobalah untuk mendapatkan link dari situs eksternal ke konten untuk memindahkan postingan keposisi atas pada hasil pencarian.

c). Perbaiki deskripsi untuk memiliki konten yang lebih menarik.

Ada banyak area yang memungkinkan perbaikan yang perlu dipastikan layak dicoba pada Tools SEO Gratis dari Google yang satu ini.

2. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner  adalah Tools SEO Gratis perencana Kata Kunci yang wajib digunakan untuk memaksimalkan SEO On Page. Tools ini adalah semua alat yang sangat Anda butuhkan sebagai alat SEO Google untuk keperluan riset kata kunci dan analisis kata kunci Anda. Proses penelitian kata kunci membantu Anda mengidentifikasi kata kunci yang relevan yang dapat Anda fokuskan pada artikel Anda untuk mendapatkan sebagian atau seluruh lalu lintas itu!

Berikut adalah contoh pencarian kata kunci dengan menggunakan Google Keywords Planers. Bila Anda memilih bagian kata kunci, Anda akan mendapatkan daftar kata kunci yang serupa.

Tools SEO Gratis Google Keyword Planers untuk mendapatkan Ide kata kunci

3. Google Analytics

Google analytics adalah analisis situs web yang sangat berguna dan Tools SEO Gratis dari Google yang satu ini menyediakan berbagai informasi yang dapat membantu Anda mengoptimalkan peringkat situs Anda.

Sebagai contoh:

a. Sumber lalu lintas -> Optimalisasi Search Engine – Jika Anda menghubungkan akun Google Webmaster dengan Google Analytics, Anda dapat melihat data SEO yang dapat Anda lihat di alat webmaster Google. Misalnya, Anda dapat melihat kata kunci yang memberi lalu lintas, rasio konversi, dll. Ini sangat berguna untuk memantau aktifitas lalu lintas situs.

b. Ikhtisar – Ini akan menunjukkan halaman mana yang mendapatkan lalu lintas paling banyak. Jika Anda tahu halaman mana yang paling sesuai dengan audiens Anda yang akan memberi Anda ide untuk konten baru di sekitar area ini yang akan membantu meningkatkan lalu lintas blog lebih jauh. Anda dapat mengoptimalkan konten baru ini berdasarkan kata kunci serupa (namun tidak sama).

Konten populer akan memberi Anda gagasan untuk konten yang lebih mirip yang akan membantu meningkatkan lalu lintas

c). Rasio pentalan

Sebuah bouncing atau adalah ketika seseorang tiba di situs Anda dan kemudian pergi tanpa berpindah ke halaman lain disitus Anda.

Ada banyak kemungkinan alasan untuk tingkat bouncing yang tinggi misalnya

• Situs Anda yidak suport mobile friendly sehingga rasio pentalannya tinggi pada perangkat seluler

• Konten tidak relevan dengan pengguna sehingga mereka pergi

Ini layak digunakan untuk menyelidiki tingkat bouncing. Perbaikan akan menyebabkan pengunjung betah berlama-lama di situs dan bisa mengakibatkan lebih banyak pengunjung.

4. Google Advanced Search Commands

Tools SEO Gratis selanjutnya adalah Pencarian Google Advanced, alat yang hebat untuk membantu Anda menemukan konten. Ada berbagai operator / sintaks yang dapat Anda gunakan dalam pencarian yang akan membantu Anda menemukan hasil yang relevan.

Berikut adalah 3 contoh bagaimana Anda dapat menggunakan operator penelusuran lanjutan Google untuk membantu SEO.

a). site: <nama situs web>

Ini akan menunjukkan daftar halaman terindeks teratas di Google untuk situs web yang dimaksud. Ini bisa jadi website Anda atau pesaing Anda. Ini menunjukkan kepada Anda apa judul dan deskripsi halaman untuk konten pesaing Anda. Ini dapat membantu Anda mengidentifikasi masalah yang mungkin mereka miliki (misalnya duplikat judul) atau hanya memberi Anda ide untuk kata kunci yang harus Anda teliti.

b). allinurl: <kewyords>

Ini untuk mencari situs web untuk kata kunci yang ada di alamat situs web.

Jika Anda mencari tautan dari situs web eksternal, pikirkan jenis halaman yang mungkin Anda tautkan. Misalnya mereka mungkin memiliki halaman sumber daya yang terhubung ke beberapa situs web. Anda mungkin bisa menghubungi mereka untuk meyakinkan mereka agar menambahkan Anda ke halaman sumber.

Jika Anda mencari situs web tentang kesehatan, Anda dapat mengetikkan sesuatu seperti berikut:

allinurl:kesehatan

c). link: <nama situs>

Ini mengembalikan pilihan situs web yang tertaut ke situs web yang tercantum. Mengetahui situs web lain yang terhubung ke situs pesaing Anda dapat membantu Anda mengidentifikasi kemungkinan peluang untuk mendapatkan tautan juga.

5. Google Trends

Jika Anda berencana untuk mengoptimalkan konten Anda berdasarkan sekelompok kata kunci yang ingin Anda ketahui jika mencari kata kunci ini akan naik atau turun. Kata kunci ini mungkin sudah populer sebelumnya tapi mungkin masih ada orang yang mencari kata kunci lainnya yang masih berhubungan dengan kata kunci utama.

Dangan Google Trens Anda dapat memasukkan kata kunci Anda dan kemudian melihat grafik tren pencarian kata kunci dari waktu ke waktu

Jika kata kunci sangat relevan dengan area tertentu, Anda mungkin ingin mempelajari informasi ini.Statistik Google Trens Regional

Biru gelap adalah area dimana pencarian terjadi

6. Google Desktop dan pencarian kecepatan mobile

Saat Google menyediakan alat untuk menguji kecepatan situs web Anda dan memberikan saran untuk perbaikan yang Anda ketahui, Anda harus memperhatikan hal ini. Ketika mereka menyediakan hal serupa untuk situs seluler Anda tahu Anda harus memperhatikan hal ini juga.Tes kecepatan situs dekstop dan seluler menggunakan Tools SEO Gratis dari Google Tes Speed insigth

Salah satu dari sekian banyak faktor peringkat untuk ranking sebuah website adalah kecepatan. Ini penting dari perspektif Google namun juga sama pentingnya bagi pengunjung situs Anda.

Anda mendapatkan peringkat terpisah untuk situs web dekstop dan perangkat seluler. Itu sebabnya penting juga menggunakan Tools SEO Gratis dari Google yang satu ini untuk mengetahui bagaimana membuat loading blog lebih cepat.

7. Google Alerts

Untuk mengawasi peluang membangun tautan, Anda mungkin ingin menyiapkan Google Alert. Anda memasukkan kata kunci dan bila kata kunci ini disebutkan di internet, Google akan mengirimkan e-mail kepada Anda.

Bayangkan Anda menulis posting tentang pelatihan media sosial. Mungkin Anda ingin menjalankan pencarian untuk pelatihan media sosial saat Anda memposting konten Anda. Hal ini dapat menyebabkan peluang potensial di mana orang dapat terhubung dengan Anda.

Ringkasan tentang Tools SEO Gratis dari Google

Tools SEO gratis Google memberi Anda beberapa fungsi hebat yang dapat membantu SEO. Tools SEO gratis dari Google mana saja yang sudah Anda gunakan? Bagaimana Anda akan menggunakannya? Berikan masukan tambahan melalui kolom komentar dibawah.

Demikian postingan 7 Tools SEO Gratis yang dapat saya bagikan. Selain Tools SEO Gratis dari Google yang saya sebutkan diatas, sebetulnya masih banyak Tools SEO Gratis lainnya yang bisa digunakan.

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *