Ubersuggest: Keyword Tool Gratis Alternative Google Planner untuk Riset Kata Kunci

Ubersuggest: Keyword Tool Gratis Alternative Google Planner untuk Riset Kata Kunci

Ubersuggest – Riset kata kunci adalah salah satu bagian dari SEO website. Langkah ini mau tidak mau harus dilakukan sebelum kita membuat sebuah konten artikel jika ingin postingan blog bisa tampil di halaman 1 Search Engine dan dapat bersaing dengan kompetitor.

Cara riset kata kunci sebetulnya bisa dilakukan dengan cara yang cukup mudah, yaitu dengan mengetikan frasa atau kalimat pada kolom mesin pencari misalnya Google. Hal ini karena setiap kali kita mencari informasielalui mesin pencari seperti Google, pada saat kita mengetikan suatu frasa, maka secara otomatis mesin pencari akan menampilkan saran otomatis kata kunci yang kita ketik.saran otomatis kata kunci pencarian Google

Atau bisa juga memanfaatkan hasil penelusuran terkait yang berada dibawah hasil pencarian seperti pada gambar dibawah. Saran otomatis kata kunci dan daftar hasil penekusuran terkait dari mesin pencari Google ini bisa kita manfaatkan untuk membuat sebuah judul postingan atau dimasukan kedalam artikel.penelusuran terkait kata kunci mesin pencari

Cara diatas adalah salah satu cara riset keyword sederhana yang biasa saya lakukan. Namun, teknik “keyword research” atau riset kata kunci diatas masih ada sedikit kendala karena saya tidak bisa melihat dan menganalisa apakah kata kunci long tail keyword dari saran otomatis dan hasil penelusuran terkait merupakan kata kunci potensial yang akan mendatangkan banyak pengunjung atau bukan.

Untuk itulah kita perlu melakukan riset kata kunci tambahan untuk mendapatkan analisa keyword mana yang memiliki potensi bisa mendatangkan banyak pengunjung, berapa banyak persaingan dan seberapa banyak tingkat volume pencarian yang dicari oleh pengguna internet untuk kata kunci yang akan kita target.

Baca Juga:  Cara Riset Keyword Atau Kata Kunci Dengan Trik Sederhana

Salah satu tool keyword research yang bisa kita gunakan untuk mencari kata kunci long tail keyword atau kata kunci turunan potensial adalah ubersuggest tool. 

Dengan keyword tool gratis ini kita bisa menganalisa sebuah kata kunci apakah trend pencarian naik atau turun, volume pencarian rata-rata perbulan, tingkat persaingan dan juga untuk mencari high CPC keyword atau kata kunci yang memiliki nilai klik mahal.

Ubersuggest adalah suatu tool gratisan milik digital marketer ternama, Neil Patel yang sampai saat ini masih banyak digunakan oleh blogger didunia. Dengan menggunakan ubersuggest free keyword tool by Neil Patel ini, kita bisa mendapatkan berbagai kata kunci long tail keyword untuk digunakan dalam artikel nantinya.

Keyword research tool free ini dulunya beralamat di Ubersuggest Org /> namun kini telah beralih dengan alamat baru menjadi “https://neilpatel.com/ubersuggest/”

Apa saja yang bisa kita analisa dengan Ubersuggest?

Keterangan atau daftar analisa yang disajikan oleh tool keyword research ini terdiri dari beberapa table diantaranya;

  1. Keyword Overview:
    Disini kita bisa melihat data kata kunci utama yang kita cari melalui tool riset kata kunci ini mulai dari tingkat volume pencarian perbulan, SEO difficulty atau tingkat kesulitan SEO untuk bersaing di SERP, Paid Difficulty dan nilai CPC (Cost Per Click).keyword overview ubersuggest
  2. Keyword Ideas:
    Pada table ini kita bisa melihat daftar saran kata kunci longtail keyword atau kata kunci turunan dengan data lengkap mulai dari Trend pencarian kata kunci longtail keyword, Volume pencarian perbulan, CPC atau nilai bayaran iklan perklik, Paid Difficulty
    dan SEO Difficulty (tingkat kesulitan SEO).ubersuggest keyword idea's
  3. Serp Analis:
    Pada table ini kita bisa melihat posisi website yang berada diposisi 5 besar SERP dengan kata kunci tadi. Analisa yang disajikan lumayan lengkap sebagai gambaran untuk kita bagaimana para pesaing dengan kata kunci tersebut di serach engine. Disini kita bisa melihat metric pencarian pada masing-masing web yang dilengkapi dengan url dan judul post. Selain itu, analisa estimasi jumlah pengunjung, total post berapa kali di share juga disertakan sekaligus score domain masing-masing blog yang berada dihalaman satu.ubersuggest serp analis
Baca Juga:  2 Strategi Penting Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Dengan Cepat

Bagaimana Cara Menggunakan Ubersuggest?

Cara menggunakan ubersuggest cukup mudah caranya ialah pertama-tama silakan buka situs ubersuggest di browser. Lalu masukan kueri atau kata kunci pencarian kedalam kolom pencarian.

Sebagai contoh disini saya memasukkan frasa “SEO Adalah”, kemudian bahasa dan wilayah yang saya target adalah Indonesia, maka saya memilih bahasa Indonesia/Indonesia. Kemudian klik “Search” pada logo pencarian.

Setelah itu akan tampil halaman overview atau ringkasan keyword yang kita riset serta daftar keyword turunan lengkap dengan perkiraan volume pencarian bulanan, tingkat persaingan dan juga nilai CPC frasa terkait. Silakan ceklis kata kunci suggest yang ditampilkan untuk mendownloadnya dengan mengklik “export to csv” untuk mendownload atau “copy to clipboard”.ceklis lalu export to csv untuk mendownload hasil riset kata kunci di ubersuggest

Setelah daftar kata kunci didownload hasil riset ini nantinya bisa kita gunakan untuk membuat artikel. Akan tetapi dianjurkan untuk tidak terlalu over dalam memasukan kata kunci didalamnya supaya tidak terjadi keyword stuffing (penumpukkan kata kunci) yang mana hal ini sangat dibenci oleh Google.

Baca Juga:  Cara Merubah Link Url Postingan

Selain Ubersuggest by Neil Patel, sebetulnya ada juga ubersuggest alternative lainnya yang bisa kita gunakan untuk melakukan riset kata kunci turunan yaitu Ubersuggest io. Keyword tool.io adalah website layanan untuk membantu menemukan long tail keyword sama halnya dengan ubersuggest yang saya bahas diatas, atau kparser dan masih banyak lagi keyword tool yang lainnya.

Itulah sedikit ulasan tentang cara riset keyword menggunakan ubersuggest. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya dan semoga yang membaca ini berkenan untuk membagikan artikel ini melalui akun media sosial seperti facebook, twitter, google plus dll melalui tombol share di sidebare kanan atas.

AlviyatuN

Hanya orang biasa yang ingin berusaha menjadi lebih baik

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.